instagramAplikasi Instagram yang awal mula hanya digunakan usernya sebagai sarana sharing moment menggunakan gambar, kini juga telah banyak dipakai online shop kelas pemula hingga brand kelas ‘kakap’. Hal ini terbukti saat beberapa waktu lalu saya melihat akun IG seorang artis yang didalamnya banyak komentar-komentar mempromosikan  mereka di Instagram.

 

Komentar promosi mulai dari hard-selling hingga soft-selling berkeliaran di setiap postingan akun IG artis tersebut, mulai dari; “Promo Diskon 90% sis belanja di toko kami hanya hari ini!”, hingga “Cek IG-nya kakaak”.

Promosi di Instagram Harus dengan Elegan

Tak bisa dipungkiri memang Instagram sudah banyak menelurkan olshop yang tenar dan berkualitas, tenar dalam artian banyaknya followers serta interaksi disana, berkualitas dalam artian mereka juga membangun interaksi dengan komentar diakun-akun besar di IG, tapi komentar non SPAM.

Kali ini saya akan membahas bagaimana melakukan trik promosi di Instagram dengan cara elegan tanpa terlihat seperti SPAM. Sehingga selain follower meningkat, image olshop kamu juga tidak jatuh dibuatnya.

1. Lengkapi Akun Instagram kamu dengan Keterangan yang Jelas

Siapapun tidak akan suka sesuatu yang tidak jelas, termasuk akun Instagram.

Maka lengkapi keterangan akun IG kamu, mulai dari profile picture, biodata serta keterangan website kamu jika ada.

Dengan ini akun IG kamu terlihat terpecaya, hal ini membuat siapapun yang melihat akan mulai memperhitungkan akun IG kamu.

2. Walau Akun olshop, Tetap Tentukan Tema Konten yang akan Dibagikan di Akun IG Bisnis Kamu

Akun-akun Instagram besar memiliki follower yang banyak karena mereka sering berbagi konten bermanfaat. Tapi bukan saja bermanfaat, namun mereka juga konsisten berbagi konten yang satu temanya.

Hal ini memudahkan followers untuk mengetahui ciri khas akun Instagram kamu. Kamu juga bisa menirunya seperti itu walaupun akun IG kamu diperuntukkan sebagai olshop.

Kebanyakan akun IG olshop hanya melakukan promosi tiap harinya, ia lupa bahwa social media adalah tempatnya berinteraksi.

Maka mengupdate postingan dengan konten yang telah kamu tentukan akan memberikan manfaat kepada followers kamu. Lain kali, followers kamu bukan tidak mungkin mempromosikan akun IG bisnis kamu.

3. Posting Secara Konsisten

Dengan melakukan posting secara konsisten, maka akun IG bisnis kamu akan dilihat niat dalam berinteraksi dengan followers yang telah kamu dapatkan.

Selain itu, kamu akan terlihat eksis di dunia Instagram. Sebenarnya lebih dari itu, dengan  sharing dengan konsisten setiap hari  setiap hari, para followers akan merasa kamu akan selalu ada untuk mereka.

4. Hashtag (#) itu Penting!

Di Instagram, hashtag penting untuk memasukkan postingan kamu kedalam kategori-kategori yang terdapat di seluruh postingan Instagram, baik di dalam maupun luar Indonesia.

Dengan menyertakan hashtag, para Instagram user akan lebih mudah menemukan postingan kamu diantara tumpukan 300juta gambar dari para user yang mengupload di IG.

Caranya mudah, cukup mengetik tanda pagar (#) setelah “caption” gambar yang telah kamu ambil, maka akan muncul kategori sesuai jumlah post yang telah memakai tagar tersebut.

5. Bangun Relasi dengan Akun-Akun IG Sejenis

Jika akun IG kamu adalah olshop lingkup Fashion Wanita, maka bangun relasi dengan artis-artis fashion wanita di Instagram, kamu harus mulai cari-cari siapa saja mereka.

Membangun relasi bisa dengan mengomentari pada tiap postingan mereka, tapi ingat komentar yang berhubungan dengan postingannya dan bukan SPAM.

6. Lempar Followers ke Web Jualan Kamu

Sudah umum diketahui, bahwa di Instagram saat menyertakan link pada “caption” foto maka link tersebut tidak hidup (tidak bisa langsung di-klik).

Maka baiknya link menuju website kamu di short terlebih dahulu. Saran saya link tersebut dishort menggunakan bitly.com, namun pastikan kamu login terlebih dahulu dengan Twitter atau Facebook.

Nanti setelah memasukkan link kamu ke kolom paling atas, akan muncul hasil short-nya di sidebar kanan. Jangan langsung pakai hasil short tersebut! Lakukan edit pada kolom yang tersedia, lalu klik “Save”

Link yang telah di Customize tersebut bisa dimasukkan ke postingan atau “caption” foto instagram kamu.

7. Berikan Promosi Khusus dengan Syarat

Hal ini berlaku disetiap social media, yaitu dengan promosi khusus baik itu discount atau free item yang memberlakukan syarat didalamnya.

Bisa dengan harus LOVE postingan terlebih dahulu, Follow dulu, dan pastikan ada syarat Re-Gram yaitu semacam retweet pada twitter dan share pada Facebook. Ada aplikasi khusus agar kamu bisa Re-Gram postingan akun IG lain.

8. Bagikan Konten Visual dengan Logo Brand

Bermain Instagram tentu berarti kita bermain dengan konten-konten visual. Maka dari itu lakukanlah sesuai dengan media Instagram tersebut.Bagikanlah konten-konten visual karya original team, maupun orang lain (tentunya dengan izin) seperti; Infographic, Gambar Unik, dll, lalu berikanlah logo brand kamu.

Instagram adalah tempat berbagi konten visual, berikan konten yang relevan dengan audience mu

Saat gambar tersebut dibagikan oleh akun lain (Ingat sistem Re-Gram tadi kan?), maka akun IG lain akan melihat logo brand kamu beserta nama akun Instagram kamu.

9 Sharing Momen-momen Belakang Layar kepada Followers Kamu

Pernah liat iklan tentang proses-proses pengerjaan sebuah mobil merk ternama di pabrik mereka? Mungkin hal ini bisa dianalogikan seperti itu.

Memberikan momen-momen intim dapat meningkatkan kedekatan brand kamu dengan para followersnya.

Hal-hal seperti; proses syuting film, proses pembuatan gaun pernikahan, proses produksi makanan snack, dan lain-lain dapat mengundang interaksi menarik dengan followers kamu

Selain masalah kedekatan, hal ini memberikan trust kepada customer bahwa produk kamu memang berkualitas, terlihat dengan proses produksi yang misalnya; hygienis.

10. Berbagi Foto dari Klien yang Puas

Menghargai customer adalah ciri-ciri brand yang berkualitas, karena service mereka diatas rata-rata. Salah satunya adalah dengan mengepos kembali postingan Instagram customer yang puas dengan produk kamu.

Cara menemukan customer yang telah mengepos kamu yaitu bisa dengan cek di notifikasi apakah ada mention masuk atau tidak. Atau bisa juga search sesuai hashtag khusus brand kamu.

11. Berbagi Foto Stok Produk

Seperti di toko kovensional pada umumnya, product display sangat dibutuhkan bagi customer untuk mendapatkan kepercayaan dari olshop kamu.

Maka dari itu, “pamer” foto stok produk kami di Instagram bisa meningkatkan kepercayaan kepada calon customer yang pada mulanya ragu, menjadi yakin akan kredibilitas olshop kamu.

12. Lakukan Sistem Promosi “Siapa Cepat Dia Dapat”

Cara promosi produk ini mengandalkan scarcity alias kelangkaan sebuah produk. Contoh sederhananya adalah; “Hanya Tersedia 10 Stok!”, “Tidak Akan Dibuat Lagi!”, dll.

Namun dibanyak olshop banyak yang melakukan PO atau Purchase Order. Hal ini berarti para customer akan memesan terlebih dahulu barangnya, beberapa waktu kedepan baru produknya dapat diterima sang customer.

13. Endorsement

Hal ini cara yang paling lazim dilakukan olshop di Instagram, yaitu endorsement. Carilah akun-akun personal di IG yang membuka endorse tersebut, tentu yang jumlah followersnya besar.

Beberapa ada yang memberikannya secara gratis, beberapa juga memberikan dengan syarat seperti pembayaran jelilah terhadapnya.

Walau beberapa ada juga akun IG yang memiliki followers besar tapi belum paham istilah ini, biasanya dilihat belum ada postingan foto produk disana. Nah, ini kesempatanmu menawarkan produk dengan sedikit endorsement disana.

14. Paid Promote

Berbeda dengan endorsement, cara ini berlaku untuk akun-akun IG yang khusus memberikan slot untuk melakukan promosi di Instagram mereka.

Mereka memberikan postingan unik dengan menyelipkan beberapa slot paid promote dengan awalan “[ Dagelan Support Indonesian Product ]”

BONUS

Jika diatas tadi adalah beberapa cara bisnis kamu promosi di Instagram, maka dibawah ini adalah bagaimana menarik followers baru diluar social media Instagram.

15. Beritahu Fans di Socmed Lain tentang IG Bisnis Kamu

Jika kamu sudah memiliki fans atau followers diluar Instagram, adalah ide yang bagus untuk memberitahukan bahwa kamu juga memiliki akun Instagram.

Kamu bisa posting di Facebook Fanpages, twitter, LinkedIn hingga google plus Hal ini akan mendrive fans kamu sebelumnya ke Instagram.

16. Pasang Link Instagram di Signature E-mail, atau Akun IG di Kartu Nama

Kamu tentunya perlu mengirimkan email kepada customer maupun partner bisnis, maka menyertakan link Instagram di signature kamu merupakan strategi yang jitu.

Kamu juga perlu menjalin relasi saat offline bukan? Maka menyertakan nama akun IG bisnis kamu di kartu nama bisa menjadikan cara ampuh untuk lebih dekat dengan partner kamu.

Dengan begitu siapapun yang menerima e-mail ataupun berkenalan dengan kamu secara offline, akan tergerak untuk mengecek akun Instagram kamu.

17. Pasang Widget Instagram di Web Kamu

Jika bisnis kamu sudah memiliki web, banyak plugin yang dapat menampilkan gambar postingan kamu di Instagram.

Hal ini akan memberikan akses visitor website kamu melihat momen apa saja yang kamu bagikan di Instagram.

Instagram Jadi Ranah Promosi yang Naik Daun

Melihat banyak olshop yang mulai banyak berpromosi di Instagram menjadikan social media ini hits dijadikan sarana promosi. Lagipula sarana Instagram cocok untuk target market menengah keatas.

Maka jika kamu belum punya akun Instagram, kini saatnya membuatnya satu dan mulai mempraktekkan 17 tips promosi di atas!

Comments

comments

Share