cust needTidak diragukan lagi bahwa manusia membutuhkan segala hal seperti air, makanan, keamanan, dan teman untuk bertahan hidup. Tapi, kenyataannya keinginan cenderung lebih mendorong keputusan seseorang dibanding dengan kebutuhan.

Misalnya, kebanyakan dari kita sudah memiliki apa yang kita butuhkan untuk hidup. Tapi, kita masih menginginkan hal lain seperti kenyamanan, pakaian bagus, dan sebagainya.

Oleh karena itu, penting bagi para pemasar untuk mengetahui apa saja sebenarnya keinginan para konsumen. Nah, berikut 5 hal dasar yang umumnya diinginkan konsumen.

1.  Kemudahan. Hidup bisa begitu sulit atau setidaknya kurang nyaman. Ketika sebuah produk atau layanan menawarkan sesuatu yang bisa membuat hidup lebih mudah, kita sebagai para pelanggan tentu tertarik.

Misalnya, bagi orang-orang yang sibuk dan tak sempat memasak makan malam, tentu sebuah restoran menjadi kemudahan tersendiri untuk mendapatkan makanan.

2. Kenyamanan fisik. Handuk hangat setelah mandi atau sepasang sandal rumah terkadang menjadi solusi sempurna ketika tubuh menginginkan kenyamanan.

Kenyataannya tubuh manusia dapat menangani kondisi lingkungan yang sangat keras. Tapi, tentu kenyamanan fisik bagi sebagian orang menjadi sebuah kebutuhan sebagai cara memberi penghargaan bagi diri sendiri.

3. Stimulasi mental. Otak adalah organ yang luar biasa dan kita memberi makan otak kita dengan hiburan, permainan, pertunjukan seni, dan berjam-jam Sudoku. Hal-hal tersebut menjadi sesuatu yang bisa memecahkan kondisi monoton atau kebosanan kita.

Kita mungkin bisa saja bekerja terus setiap hari dalam setahun, tapi tentu akan lebih nikmat jika kita sesekali melakukan aktivitas yang berbeda sebagai hiburan.

4. Penguatan identitas. Kita bisa tetap hidup hanya dengan memakai pakaian biasa. Itu yang kita sebut dengan kebutuhan. Namun, sebagian orang menginginkan merek pakaian tertentu, mobil tertentu, atau produk lainnya dalam rangka menguatkan identitas diri mereka.

5. Pengakuan sosial. Citra diri tidak hidup di ruang hampa. Tentu kita ingin orang lain mengakui imaji mengenai diri kita. Para pelanggan ingin layanan atau produk yang bisa membuat dirinya diakui secara sosial. Misalnya, seseorang mengetahui dirinya diakui pintar karena ia mendapatkan ijazah sarjana dan transkrip nilai yang indah dari institusi pendidikan yang terpercaya.

 

Sumber: Coppyblogger

Comments

comments

Share