wpc - ciriwirusaha

 

Jika kita melihat lebih cermat tentang bagaimana orang-orang sukses dalam mendapatkan hartanya, pastinya orang paling sukses adalah orang yang menjadi pengusaha dalam mencari uangnya.

Namun latar belakang seseorang menjadi wirausaha biasanya di awali dengan awal yang kurang baik, penuh tekanan dan kehidupan yang keras. Hal inilah yang membuat orang-orang yang menjadi wirausaha nantinya akan menjadi pengusaha yang tangguh, pantang menyerah dan penuh strategi.

Jika anda termasuk orang yang ingin menjadi wirausaha, nampaknya anda harus mempersiapkan beberapa hal yang sebenarnya sederhana namun cukup sulit untuk di jalani, persiapan itu seperti persiapan mental, finansial, strategi pengelolaan dana, strategi dalam menggaet pelanggan dan masih banyak lagi. Pejelasan mengenai apa saja yang perlu di persiapkan seseorang untuk menjadi seorang wirausaha akan di jelaskan pada artikel ini, jadi mari ikuti dengan hikmat.

Syarat Menjadi Wirausaha

Wirausaha merupakan pekerjaan yang paling menantang, karena seseorang yang menjadi pengusaha atau wirausaha akan menjadi bos untuk dirinya sendiri, seorang wirausaha akan merancang strategi untuk kemajuan usahanya sendiri.

Dia tidak bekerja kepada siapapun, semua pelayanan yang di berikan semata-mata hanya untuk kebahagiaan pelangganya. Dan untuk menjadi wirausaha yang sukses harus memenuhi beberapa syarat menjadi wirausaha sebagai berikut:

1. Berani Mengambil Resiko

Berani Mengambil Resiko

Ketika anda menjadi seorang wirausaha pemula atau calon wirausaha, maka yang perlu anda siapkan pertama kali adalah mental yang pemberani, dalam hal ini adalah berani mengambil resiko, karena dalam dunia usaha selalu ada resiko yang akan di ambil, baik resiko yang positif maupun resiko yang negatif, itu semua akan muncul dalam setiap pengambilan keputusan. Biasnaya seorang pengusaha atau wirausaha akan mengambil keputusan dengan resiko negatif yang kecil dengan keuntungan yang besar.

Tidak heran para wirausaha yang sukses selalu terlihat berwibawa dan memiliki pandangan yang tegas, hal ini karena kebiasaan mereka dalam menghadapi berbagai macam permasalahan yang muncul di perusahaanya, Karena setiap wirausaha baik yang memiliki usaha kecil maupun besar, memiliki sebutan yang sama, yaitu pengusaha, bos untuk dirinya sendiri dan bertanggung jawab atas pekerjaan para karyawanya.

2. Menerima Semua Masukan

Menerima Semua Masukan

Orang yang sukses dalam menjalankan usahanya tidak akan lepas dari para pendukung di belakangnya, akan ada banyak sekali orang baik keluarga maupun kerabat yang terus memberi dukungan seperti semangat dan nasehat.

Yang paling penting dari seorang wirausaha atau pengusaha adalah harus mau menerima semua masukan yang ada, seorang wirausaha yang pintar akan menyaring berbagai macam masukan dan menarik kesimpulan untuk memecahkan permasalah yang ada.

Masukan berupa nasehat bisa datang dari siapa saja, baik dari penasehat khusus maupun dari bawahan. Seorang wirausaha pintar tidak akan sungkan untuk menerima nasehat dari bawahanya demi kemajuan bisnis yang ada. Karena tidak semua yang terjadi dalam usahanya seorang wirausaha bisa mengetahui. Jadi penting bagi pengusaha atau wirausaha untuk memiliki sifat yang mudah bergaul dan pandai menyesuaikan diri.

3. Kreatif dan Penuh Inovasi

Kreatif dan Penuh Inovasi

Menjalankan bisnis jika bergerak secara monoton bisa di pastikan usaha atau bisnisnya tidak akan bertahan lama, walaupun awal berjalanya bisnis terkesan lancar, tetapi jika tidak ada inovasi dalam usahanya pasti akan di tinggalkan oleh pesainya yang lebih mengikuti perkembangan zaman.

Kreatif dan Inovatif efeknya sangat berdekatan dengan yang namanya waktu, popularitas sebuah bisnis atau usaha akan sangat bergantung pada tingkat kreatifitas dan inovasi yang berkembang.

Jadi untuk menjadi pengusaha sukses yang bertahan lama, anda harus terus berinovasi dalam menyajikan baik produk maupun jasa dari bisnis yang anda jalankan, tentunya jarang sekali wirausaha yang kreatif dan inovatif dengan kemampuanya sendiri, oleh karena itu anda perlu cermat dalam memilih karyawan atau pegawai yang membantu usaha anda, karena karyawan yang penuh kreatifitas akan memajukan bisnis yang anda jalankan. Ingat usaha atau bisnis yang di jalankan secara monoton akan mempersingkat usia perusahaan anda.

 

4. Berprinsip dan Disiplin

Berprinsip dan Disiplin

Prinsip adalah pendirian dari pengusaha atau wirausaha yang terus di pegang sejak berdirinya bisnis yang di bangun, prinsip seorang wirausaha akan di turunkan menjadi visi misi yang harus di wujudkan oleh karyawan dan pegawai di bawahnya. Jadi prinsip yang di miliki oleh seorang wirausaha atau pengusaha harus kuat dan tahan banting, karena ini akan sangat mempengaruhi profesinalisme dan cara kerja dari para karyawan atau bawahan anda.

Selain prinsip yang harus kuat dan tangguh, jika anda ingin menjadi pengusaha sukses juga harus memiliki tingkat disiplin yang tinggi, Anda harus menerapkan disiplin kedalam semua lini perusahaan anda.

Sikap disiplin akan membuahkan hasil yang baik, kita ambil contoh seperti jepang, kenapa perusahaan di sana sangat maju bahkan sampai merambah ke negara lain, ini di karenakan sikap disiplin yang di terapkan kepada seluruh karyawanya.

5. Tidak Cepat Puas dan Selalu Bersyukur

Tidak Cepat Puas dan Selalu Bersyukur

Sifat mudah puas dan kagum akan menyebabkan seseorang menjadi malas, karena ketika seorang wirausaha merasakan puas atas apa yang di capai, akan mengakibatkan tidak adanya lagi peningkatan dalam perkembangan usaha yang di jalankan, namun tidak cepat puas bukan berarti kita tidak boleh bersyukur. Justru sikap untuk selalu bersyukur atas rezeki dan kelancaran usaha yang di berikan tuhan akan menambahkan semangat serta kebahagiaan dalam menjalankan usaha.

Tidak cepat puas dan selalu bersyukur akan menghasilkan seorang wirausaha yang sukses dan murah berbagi kepada sesama. Karena yang namanya rezeki itu berbeda dengan gaji, rezeki itu datangnya dari tuhan sedangkan gaji itu dari perusahaan.

Rezeki itu karena iman, sedangkan gaji itu hasil kerja keras anda. Rezeki itu bukan melulu tentang uang, karena kesehatan dan kebahagiaan juga rezeki, sedangkan gaji hanya terpaku pada uang.

6. Mudah Bergaul dan Tidak Gengsi

Mudah Bergaul dan Tidak Gengsi

Seorang yang memiliki sifat mudah bergaul baik dalam tindak tanduk maupun dari cara berkomunikasi, sudah bisa di pastikan orang seperti ini mamiliki peluang untuk menjadi pengusaha sukses. Karena sifat mudah bergaul ini akan memudahkan seorang wirausaha untuk mencari partner dan pelanggan, sifat seperti ini juga akan membuat senang dan betah bagi para pelangganya.

Selain itu jika anda ingin menjadi pengusaha yang sukses juga tidak boleh gengsi terhadap apapun, karena sikap gengsi ini akan mengahncurkan usahamu, sifat gengsi sedikit demi sedikit akan menghabiskan dana atau harta yang anda punya. Karena gengsi adalah sifat yang berusaha untuk menampilkan yang terbaik dan mewah dari pada yang lain, minimal adalah setara dengan yang lain. Jika anda ingin terhindar dari sifat seperti ini, maka biasakanlah untuk menjadi orang yang sederhana.

7. Pandai Memanfaatkan Peluang

Pandai Memanfaatkan Peluang

Peluang adalah salah satu yang paling di perhatikan oleh seorang wirausaha, dan pandai memanfaatkan peluang adalah ciri-ciri dari seorang pengusaha atau wirausaha sukses. Walaupun terlihat kecil namun seorang yang memiliki jiwa pengusaha akan menjadikan yang kecil itu mendatangkan keuntugan yang besar.

 

Karena yang kecil belum tentuk hasilnya kecil, bagi pengusaha, sesuatu yang kecil bisa menjadi besar jika di menfaatkan dengan baik. Kebalikan dari itu, suatu peluang yang besar jika tidak bisa memanfaatkanya dengan baik, maka tidak akan menghasilkan apapun.

Peluang bisa datang dari mana saja, terutama dari sekitar kita. Calon pengusaha sukses seperti sudah memiliki kelebihan khusus dalam melihat sesuatu, hal biasa di mata orang pada umumnya, bisa menjadi peluang yang bisa menghasilkan keuntungan menurut pengamatan wirausaha. Jadi sekali lagi, untuk menjadi pengusaja sukses, anda harus melatih diri untuk melihat di sekitar anda apa saja yang bisa menjadi peluang untuk mendapatkan keuntungan bagi anda.

Nah itulah beberapa syarat menjadi wirausaha yang bisa anda ikuti untuk melatih diri. Tidak ada kata terlambat untuk menjadi pengusaha suskes, karena kebanyakan orang yang menjadi pengusaha sukses biasanya mereka datang bukan dari keluarga kaya, tetapi dari keluarga yang sederhana bahkan kekurangan, karena kondisi itulah yang menempa mereka hingga menjadi seorang yang tangguh dan memiliki jiwa yang tegar. Semoga penjelasan tentang syarat menjadi wirausaha bisa memotivasi anda untuk menjadi pengusaha, karena saat ini negara kita Indonesia sedang krisis pengusaha.

Sumber : https://www.nesabamedia.com/syarat-menjadi-wirausaha/

Comments

comments

Share