68765671_2374208189572478_8635534055969919698_n

Aira Selat Solo adalah sebuah kafe dengan konsep nuansa Jawa yg homey dengan makanan khas Solo. Bisnis kafe ini telah berdiri sejak lima tahun yang lalu. Pemiliknya adalah seorang wirausahawan bernama Ibu Ira Aira. Menurut keterangan Ibu Ira Aira, beliau membuka bisnis kafe ini karena terinspirasi dari katering ibu mertuanya di Solo yang mengangkat makanan tradisional, yaitu makanan khas Solo. “Layaknya fashion, tren kuliner juga mudah berganti, pergeseran selera serta hadirnya kuliner kekinian cukup berpengaruh pada beberapa jenis makanan khas daerah yang hampir kehilangan eksistensi nya, sehingga rasa memiliki perlu dijaga dalam melestarikan makanan tradisional di dalam gempuran era milenial, jangan sampai kita baru bertindak setelah ada negara lain yang mengeklaim.” Tutur Ibu Ira Aira saat ditanya mengenai alasannya membuka bisnis kafe ini.

ira-aira-2

Indonesia memang dikenal kaya akan kuliner, jadi wajar saja jika sekarang ini usaha kuliner sudah menjamur dimana-mana. Untuk mengatasi para pesaing usaha, Ibu Ira Aira mengatakan “Di dunia usaha dengan banyaknya pesaing, bisnis kita harus mempunyai value. Dengan value kita tidak mudah merasa tersaingi, selain itu kita juga sering untuk membranding di dalam media sosial dengan kreatif dan inovatif.” Setelah itu, Ibu Ira Aira juga ditanya mengenai alasan customernya tetap setia untuk datang ke kafe Aira Selat Solo. “Selain mempunyai pembeda di dalam produk, harus mempunyai konsep bisnis juga. Seperti produk saya yang mengangkat makanan tradisional khas solo. Konsep cafe dibuat dengan nuansa jawa yang homy. Dimana customer yang kangen dengan suasana di rumah dan tidak perlu untuk mencicipi langsung ke Solo.”

Dalam meminimalisir komplain pelanggan yang dapat menyebabkan image negatif, Ibu Ira Aira menyebutkan cara yang beliau terapkan dalam bisnis kafe Aira Selat Solo ini, diantaranya:

  • Segera mengambil tindakan apabila terjadi kesalahan.
  • Menjaga kestabilan rasa, pelayanan, penyajian, disiplin, dan tepat waktu.

solo

Saat ini, kafe Aira Selat Solo telah mencapai omset kurang lebih 50 juta per bulan. Bisnis ini juga telah memperoleh prestasi seperti juara satu progress terbaik dalam IWPC 2017. Dan saat ditanya apa prospek kedepan dari bisnis ini, Ibu Ira Aira menjawab bahwa untuk kedepan nya, sesuai dengan visi dan misi Aira Selat Solo, selain menjadi tujuan wisata kuliner di Semarang, Aira Selat Solo juga menciptakan tenaga kerja yang ahli dan kompeten serta memperluas lapangan kerja khususnya bagi para wanita untuk meningkatkan taraf hidup. Selain itu, Ibu Ira Aira juga menyampaikan pendapatnya mengenai pengembangan karakter apa yang harus dibangun pada setiap individu guna meningkatkan kinerja bisnis UKM. Menurut beliau membenahi mindset untuk UKM sangat penting sekali, karena bisnis adalah tentang mindset, bagaimana kita membangun mindset sebagai pebisnis.

Di Akhir interview, Ibu Ira Aira ditanya bagaimana awalnya beliau mengenal womanpreneur community dan apa manfaat dan dampaknya pada bisnis Aira Selat Solo selama mengikuti dan menjadi member womanpreneur community? Menurut keterangan Ibu Ira Aira, beliau mengenal WPC dari temannya. “Pada saat itu saya diajak teman dari suatu komunitas untuk bergabung di WPC. Bergabung dengan WPC membuat wawasan saya menegnai bisnis bertambah dan mendapatkan relasi.” Tutur Ibu Ira Aira.

Comments

comments

Share