cokelatin t

Cokelatin merupakan minuman cokelat premium yang dibuat dari cokelat murni tanpa perisa, tanpa pemanis buatan dan bahan pengawet sehingga memberikan rasa cokelat yang alami dan aroma cokelat yang kuat. Bisnis ini telah berdiri sejak bulan Mei 2016. Pemiliknya adalah seorang wirausahawan bernama Ibu Irena Farriha Surosoputra. Saat ditanya mengenai alasannya membuka bisnis Cokelatin ini, jawaban Ibu Irena terdengar cukup menarik. “Alasan saya mendirikan usaha ini karena sebelumnya saya adalah seorang “coffee addict” dan dengan alasan untuk kesehatan maka saya berusaha untuk mencari minuman pengganti kopi. Setelah berusaha mencari akhirnya saya mencoba meminum cokelat. Tetapi saat itu saya tidak menemukan minuman cokelat yang benar-benar sesuai dengan selera saya kecuali membeli minuman cokelat import yang harganya cukup mahal. Setelah sedikit mempelajari tentang cokelat saya baru mengetahui bahwa Indonesia adalah penghasil cokelat terbesar ke-3 di dunia. Saya menjadi tertarik untuk memproduksi minuman cokelat asli Indonesia.” begitu tuturnya.

upup

Berdasarkan keterangan dari Ibu Irena, dalam memasarkan produknya, ia menggunakan jalur online dan offline. “Yang paling penting adalah memastikan kualitas tetap terjaga dengan baik serta memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen.” tutur Ibu Irena saat ditanya mengenai cara memasarkan produk ditengah banyaknya pesaing. Selain itu, Cokelatin juga mempunya kelebihan tersendiri dibanding produk-produk pesaing yang membuat pelanggan atau konsumen tetap setia membeli produk ini. Cokelatin menggunakan cokelat asli Indonesia dengan kualitas serta rasa cokelat yang berasal dari biji cokelat asli dan tidak menggunakan gula secara berlebihan. Sekarang, bisnis Cokelatin ini telah mencapai omset 50 – 70 juta per bulan, angka yang cukup besar, bukan? Lalu, Cokelatin juga pernah mendapatkan penghargaan seperti juara dua progres terbaik IWPC angkatan 19 dan menjadi produk unggulan Kota Tangerang.

cocopopo

Dalam berbisnis, mendapat komplain dari pelanggan mungkin merupakan hal yang biasa, tapi jika hal itu dibiarkan terus-menerus, maka suatu saat dapat menyebabkan image negatif. Untuk meminimalisir risiko komplain dari pelanggan, Ibu Irena selalu memastikan produk dan pelayanan bisnis Cokelatin ini terjaga dengan baik. Menurut keterangan Ibu Irena, pelanggannya mengharapkan agar mereka dapat lebih mudah memperoleh produk Cokelatin, terutama untuk pelanggan di luar kota.

Saat ditanya bagaimana prospek kedepan dari produk ini, Ibu Irena menjawab “Produk ini memiliki prospek yang sangat cerah karena Indonesia adalah penghasil biji cokelat terbesar ke-3 di dunia dan belum banyak minuman cokelat asli Indonesia yang dihasilkan” Ibu Irena juga memberikan pendapatnya mengenai pengembangan karakter apa yang harus dibangun pada setiap individu guna meningkatkan kinerja bisnis UKM. Menurut Ibu Irena, pengembangan karakter yang harus dibangun diantaranya:

  1. Percaya diri
  2. Rendah hati
  3. Mau menerima pembelajaran dari luar

Pada akhir wawancara, Ibu Irena ditanya bagaimana awalnya ia mengenal Womanpreneur Community, lalu Ibu Irena menjawab bahwa dirinya mengenal WPC melalui Facebook temannya yang mengikuti komunitas. Ibu Irena juga memberi tahu manfaat dan dampak yang diberikan Womanpreneur Community terhadap bisnisnya, beliau mengatakan “Komunitas ini sangat bermanfaat bagi usaha saya karena memberikan pembelajaran dan praktek yang cukup lengkap serta memberikan jaringan atau networking yang lebih luas dan support dari mentor masih dapat saya rasakan walapun inkubasi batch 19 telah selesai. Yang pasti saya langsung mendapatkan dua agen baru selama mengikuti kelas IWPC.” 

 

 

Biodata Narasumber

WPC nomor                                        : 0000-0000-1124

WPC BATCH                                     : 19

NAMA                                                  :  Irena Farriha Surosoputra

BRAND                                               : Cokelatin

NOMOR TELEPON                           : 081294603985

SOSMED                                           

Instagram                                           : cokelat_in

WA                                                      : 085777708423

Comments

comments

Share