takeone

Kedai Takeone adalah sebuah bisnis kuliner yang berlokasi di Kota Semarang. Bisnis ini telah berdiri selama kurang lebih satu setengah tahun. Pemiliknya adalah seorang wirausahawan muda bernama Deborah Gita Sakinah. Menurut keterangan Deborah Gita Sakinah, alasannya ingin membuka bisnis Kedai Takeone ini adalah karena dia ingin melanjutkan cita-cita ibunya untuk mendirikan sebuah warung makan dengan resep nusantara. Sungguh alasan yang sangat mulia, bahkan ada sebuah kutipan yang berbunyi “Cita-cita yang paling mulia dari seorang anak adalah mewujudkan cita-cita kedua orang tuanya.” Maka dari itu, berkat niat baik dan kerja kerasnya, usaha Kedai Takeone ini telah berhasil mencapai omset 13 juta per bulan. Untuk mencapai hal itu pastinya tidaklah mudah, karena apapun usahanya dan siapapun pengusahanya, pasti dia pernah menemui pesaing atau kompetitor. Begitu juga dengan Deborah Gita Sakinah. Saat ditanya bagaimana caranya memasarkan produk di tengah banyaknya pesaing, dia menjawab “Dengan bergabung ke dalam komunitas, memperbanyak networking, meningkatkan value produk, dan menggalakkan posting sosial media.”

Tidak hanya masalah kompetitor, loyalitas pelanggan juga merupakan faktor yang sangat penting untuk kemajuan sebuah usaha. Menurut Deborah Gita Sakinah, faktor-faktor yang membuat pelanggannya tertarik untuk mengunjungi Kedai Takeone miliknya adalah karena Kedai Takeone menyediakan makanan yang lezat dengan porsi yang mengenyangkan dan memiliki packaging yang bagus. Selain itu, Deborah Gita Sakinah juga mendapat masukan dari pelanggannya, misalnya seperti membuatkan tempat yang lebih nyaman untuk bisnis Kedai Takeone ini. Ia juga memiliki kiat-kiat tersendiri untuk mencegah risiko komplain dari pelanggan, diantaranya:

  1. Melakukan briefing karyawan dengan sebaik-baiknya
  2. Membentuk tim yang solid
  3. Melakukan komunikasi internal dan eksternal yang baik

Begitulah kiat-kiat yang disebutkan oleh Deborah Gita Sakinah mengenai cara mencegah risiko komplain dari pelanggan yang dapat menyebabkan image negatif.

 tkone

Saat ditanya mengenai prospek kedepan dari bisnis Kedai Takeone ini, Deborah Gita Sakinah mengatakan bahwa dirinya akan terus melakukan explore produk dan juga explore pasar. Selain itu ia juga memberikan pendapatnya mengenai pengembangan karakter apa yang harus dibangun pada setiap individu guna meningkatkan kinerja bisnis UKM. ”Pengembangan karakter yang harus dibangun ialah percaya diri, tahan banting, ramah terhadap semua orang, dan update tentang perkembangan baru.” begitu tuturnya.

Pada akhir interview, Deborah Gita Sakinah diberikan pertanyaan mengenai bagaimana awalnya ia mengenal Womanpreneur Community (WPC) dan apa manfaat serta dampak pada bisnisnya selama mengikuti dan menjadi member di Womanpreneur Community, lalu Deborah Gita Sakinah menjawab “Awalnya saya mengenal WPC dari teman ibu saya dan menurut saya, WPC dapat membentuk mental dan membentuk networking yang solid.”

 

onetk

Biodata Narasumber

WPC nomor                                    : 0000-0000-1083

IWPC batch                                    : 18

NAMA                                             : DEBORAH GITA SAKINAH

NOMOR TELEPON                         : 085641115256

BRAND                                            : KEDAI TAKEONE

SOCIAL MEDIA                               : @kedai_takeone

Comments

comments

Share