Business plan made of post it notes

Setiap orang yang membuka usaha tentu menginginkan agar usahanya terus berkembang dan dapat meningkatkan peluang bisnis secara maksimal. Peluang usaha sendiri nggak akan selalu datang begitu saja untuk kamu manfaatkan. Terkadang, kamu perlu juga untuk membuat peluang itu sendiri. Nah, soal ini, ada berbagai cara yang bisa kamu tempuh untuk membentuk peluang bisnismu sendiri. Simak beberapa caranya di sini!

1. Fokus pada Keunggulan Produk

 Dalam berbisnis, untuk meningkatkan peluang bisnis, kamu pertama-tama harus mengetahui keunggulan produk usaha kamu terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu dapat memasarkan dan mempromosikannya dengan benar tepat pada target pasar yang sesuai, sehingga keberhasilan penjualan produk pun akan mengikuti.

Hal ini akan membawa dampak efektif apalagi jika kamu memiliki keterbatasan sumber daya. Dengan memfokuskan diri kamu pada satu atau dua produk terlebih dahulu, tentunya tingkat pengetahuan akan produk itu lebih maksimal. Kamu akan mengetahui benar-benar celah dan hal-hal yang perlu ditingkatkan sehingga produkmu dapat memenuhi ekspektasi pasar.

Contohnya saat kamu menjual nasi bebek. Untuk mengetahui keunggulan produk, jangan sungkan-sungkan pula untuk melakukan interaksi tanya jawab kepada pelangganmu. Misalnya sambil bercanda, “Mbak, sering sekali beli nasi bebeknya. Enak, ya, sambalnya?”

Mengapa interaksi perlu? Karena mungkin saja kamu nggak sadar akan keunggulanmu. Bisa saja kamu menganggap sambal bebekmu adalah keunggulan, namun bisa jadi rasa bumbu gorengan bebek yang beda sehingga pelangganmu suka.

Setelah kamu mengetahui keunggulanmu, tentu proses promosi akan lebih mudah. Misalnya saat kamu mengetahui pelangganmu lebih menyukai bumbu bebek goreng, kamu bisa mengklaim usaha bebek gorengmu sebagai bebek goreng dengan bumbu asli dari resep rahasia keluarga yang original.

Dengan begitu, saat kamu mengembangkan usahamu seperti membuka cabang, kamu benar-benar memastikan bahwa rasa bumbu gorengan bebekmu akan sama di setiap cabang. Karena kalau nggak begitu, pelanggan di cabang baru pasti akan kecewa kalau bumbunya nggak seenak cabang utama.

2. Berikan Pelayanan Terbaik Kepada Pelanggan

Selain kualitas produk, tingkat pelayanan yang baik adalah kunci sukses untuk meningkatkan peluang bisnis agar usahamu meraih kesuksesan. Bagaimana pun juga, pelangganmu berbagai macam orang bisa saja menjadi pelangganmu dan berperan sebagai media promosi gratis atau dalam bahasa marketing disebut word of mouth.

Jangan salah, word of mouth adalah salah satu trik marketing yang paling efektif. Dengan memberikan pelayanan terbaik ke satu pelanggan, pelanggan tersebut bisa mempengaruhi sepuluh atau lebih calon pelanggan lain untuk menarik mereka mencoba layanan usahamu.

Contohnya saja saat kamu memiliki usaha salon. Kamu melayani pelanggan yang memesan layanan cat rambut dengan baik dimulai dari menyarankan beberapa warna yang sedang tren, menyesuaikan dengan warna kulit pelanggan, pijatan kepala yang nyaman, hingga hasil akhir berupa tingkat warna yang sesuai dengan keinginan pelanggan.

Dengan begitu, pelanggan tersebut pasti akan mem-posting hasil rambutnya di media sosial atau seenggaknya akan mengobrol dengan teman-temannya. Pada saat itulah, dia akan menyarankan untuk pergi ke salonmu karena sudah terbukti bahwa kamu menunjukkan kualitas layanan dan produk yang maksimal.

Tentu saja bagi teman-teman atau kerabat si pelanggan akan lebih memilih salonmu yang sudah ‘teruji’ dibandingkan salon lain yang masih meraba-raba dan nggak ada review langsung dari sumber terpercaya seperti teman mereka.

3. Lakukan Diversifikasi Produk Berupa Produk Pelengkap atau Variasi Jenis

 Cara lain dalam meningkatkan peluang usaha adalah dengan melakukan diversifikasi produk, yaitu dengan membuka layanan produk lainnya selain dari produk yang sudah ada. Produk-produk ini bisa berupa produk-produk pelengkap untuk produk utama, ataupun jenis variasi produk dari produk utama.

Contoh dari diversifikasi produk adalah saat kamu membuka usaha martabak. Di awal kamu sudah menawarkan untuk memberikan martabak manis dengan rasa kacang, keju, wijen, dan coklat. Karena kamu ingin meningkatkan peluang usahamu agar pemasukan usaha lebih meningkat, kamu bisa bisa melakukan diversifikasi dengan menciptakan rasa baru seperti toping buah, es krim, marshmallow, atau toping-toping lainnya.

Namun jangan lupa, ya! Sebelum melakukan diversifikasi produk, terlebih dahulu lakukanlah survey kecil untuk mengetes pasar. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah keluaran produk terbaru dari kamu akan bisa diterima oleh pasar atau malah sebaliknya. Caranya, kamu bisa memberikan sample gratis pada pelanggan yang datang dan meminta pendapatnya atas citarasa keluaran produk martabak citarasa terbaru kamu tersebut.

Jangan lupa untuk mencatat setiap masukan yang kamu terima, ya. Dan jangan marah atau tersinggung berlebihan jika mendapatkan masukan yang buruk. Tetaplah berfokus untuk melakukan perbaikan. Namun, jika memang sudah nggak tertolong, jangan memaksakan diri untuk produk menciptakan terbaru tersebut dan cobalah inovasi produk yang lainnya.

Selain itu, diversifikasi produk juga bisa kamu lakukan untuk membuat produk pelengkap. Contohnya saat pertama kamu menjual martabak telur. Sebagai pelengkap, tentu saja pelanggan akan menyantap kudapan tersebut dengan sambal atau cabai.

Pada saat itu, kamu bisa menawarkan keluaran produk terbaru, yakni berbagai variasi sambal sebagai pelengkap cita rasa martabak telur yang kamu jual. Jangan lupa untuk menyiapkan tester pada awalnya juga, ya. Jika pelanggan mau, mereka bisa membelinya secara terpisah dengan nominal harga yang terjangkau.

4. Lakukan Ekspansi Pasar untuk Meningkatkan Peluang Bisnis

 Ekspansi pasar adalah salah satu usaha dalam meningkatkan peluang bisnis dengan cara membuka toko baru atau dengan menjajal target pasar yang baru. Dengan melakukan ekspansi pasar, kamu akan bisa menjangkau beberapa pelanggan potensial yang selama ini belum sempat terjangkau karena berbagai keterbatasan model usaha atau sumber daya yang kamu miliki.

Ekspansi pasar dapat dilakukan dengan beberapa cara. Cara pertama adalah dengan membuka cabang usaha baru. Dengan lebih banyak cabang yang kamu buka, tentu hal ini akan secara otomatis meningkatkan peluang untuk menjangkau pasar-pasar yang nggak terjangkau di cabang utama. Membuka cabang baru sangat disarankan terutama saat kamu bergerak dalam bidang kuliner yang siap makan seperti soto, rujak, rawon, pecel lele, ataupun berbagai produk lainnya.

Jika produk usahamu berupa barang-barang yang tahan lama seperti produk baju, alat kesehatan, kerajinan tangan, madu, snack, ataupun hal-hal lainnya, kamu bisa melakukan ekspansi pasar dengan cukup membuka akun penjualan online melalui website, blog, media sosial, ataupun dengan ikut platform e-commerce yang sudah marak di Indonesia. Sehingga, segala pelanggan di seluruh pelosok Indonesia dapat kamu jangkau dengan mudahnya.

Bentuk lain dari ekspansi pasar untuk meningkatkan peluang bisnis adalah dengan memperlebar segmentasi atau sasaran pasar yang kamu tuju. Jadi, semisal selama ini produk kamu hanya diperuntukkan untuk kalangan dewasa, kamu bisa membuat inovasi produk yang bisa juga menjangkau kalangan remaja. Caranya, dengan melakukan pembaruan pada kemasan dan selera yang disesuaikan dengan gaya anak muda zaman sekarang.

Tentunya, dengan begitu jumlah penjualan akan meningkat dan keran peluang akan semakin terbuka lebar untukmu. Namun tetap, jangan lupa untuk mengedepankan kualitas produk dan layanan karena semakin besar dan beragam usahamu, tantangan selanjutnya adalah menjaga kestabilan standar produk dan layanan.


Itulah beberapa contoh cara meningkatkan peluang dari Langkah Awal. Secara teori memang terkesan mudah, namun pada praktiknya kamu mungkin akan banyak menemukan tantangan. Untuk itu, jangan malas-malas, ya, untuk selalu belajar.

Sumber : https://www.langkahawal.com/cara-meningkatkan-peluang-bisnis/

 

Comments

comments

Share