Wanita bisa menjadi pebisnis hebat. Kalimat ini bukan latah ikut-ikutan bicara emansipasi wanita yang kini kuat didengungkan. Kalau kita lihat sekeliling kita, ada berjuta wanita yang bekerja setiap harinya dengan bisnis yang berbeda. Mereka sesungguhnya adalah wanita-wanita perkasa yang mampu bertahan hidup demi menafkahi keluarganya. Mereka juga adalah seorang ibu bagi anak-anaknya.

Lalu mengapa perempuan harus berbisnis?

1. Memperkecil Risiko
Di masa sekarang, bukan hal asing lagi kalau dalam rumah tangga baik suami maupun istri sama-sama bekerja. Namun, tak jarang pula hanya suami yang bekerja dan jadi tulang punggung ekonomi keluarga. Nah, agar bisa semakin mendukung kebutuhan hidup sehari-hari, tak ada salahnya bila istri menjalankan bisnis dari rumah. Dengan begitu, sumber pemasukan dari suami tetap “aman” sementera istri bisa ikut menunjang nafkah keluarga. Yang perlu diingat, suami-istri saling mendukung dalam menjalankan bisnis tersebut.

Perempuan juga sekoci bagi kapal induk keluarga, sebagai sekoci yang berperan mengantisipasi jika sumber penghasilan utama keluarga berkurang atau bahkan terhenti

2. Multitasking
Salah satu kelebihan yang dimiliki wanita adalah bisa mengerjakan banyak hal sekaligus (multitasking). Misalnya, memasak sambil menjaga anak. karakteristik ini adalah kompetensi dasar yang dibutuhkan dalam berbisnis. “Dan ini tidak dimiliki pria,”. Perempuan bisa menjalankan fungsi-fungsi dalam bisnis sekaligus mulai dari pemasaran, penjualan, sampai manajemen SDM.
3. Pengambil Keputusan
Coba perhatikan, umumnya siapa yang akan menentukan pilihan rumah akan dibeli, perabotan dan keperluan rumah tangga, atau baju dan kemeja untuk suami. Para ibu, bukan? “Disadari atau tidak, wanita merupakan pengambil keputusan untuk hampir setiap pembelian yang terjadi,”. Bisa dikatakan, wanita adalah konsumen terbesar dari hampir semua produk yang ada di pasaran. Jika posisinya di balik wanita sebagai produsen atau pebisnis, maka “wanita akan lebih paham dan dapat merasakan keinginan konsumen sebagai representasi dirinya sendiri,”.
4. Era Informasi
Satu hal lagi yang menjadi kelebihan wanita adalah kemampuannya membentuk networking dan berkomunikasi. Ini bisa ditunjukkan lewat komunitas-komunitas yang diikuti dan dibentuk para wanita terutamanya, di era teknologi dan informasi seperti sekarang ini.

Comments

comments

Share