Hallo temans,,, perkenalkan saya dengan Ana Khairani owner Batik Organik Saya Di postingan 1 saya, saya sudah menjelaskan sedikit perjalanan hidup saya. Nah disini sy ingin sharing kepada temans pembaca,, tentang bagaimana progress bisnis yg saya capai setelah mengikuti program Inkubator Bisnis di Woman Preneur Community (founder Ibu Irma Sustika). Pada awal sy bergabung menjadi member di WPC, ekspektasi saya sangat besar utk bisa ikut di program inkubator bisnis. Semakin berharap, smakin kecewa sendiri, krn program tsb tdk bs saya ikuti (krn ada tugas diluar kota yg tdk bs sy tinggal). Alhamdulillah,, di Tahun 2016 ini sy mendapatkan kesempatan utk ikut program inkubator bisnis dan masuk di IWPC 6 yg diadakan di Cirebon. Saya excited, krn program ini memang berbeda jauh dg seminar dan pelatihan bisnis yg pernah saya ikuti. Bedanya apa??? Sbg pelaku usaha start up, di iwpc ini secara personal saya sdh bs mengenali siapa diri saya yg itu memang sgt penting utk kita tahu. Dgn mengenali siapa kita, kita tahu langkah apa yg akan kita capai untuk mulai berani bermimpi.

Saya mau share ttg rumus hidup saya, dlm mncapai tujuan hidup saya, yg saya sudah bs wujudkan saat ini. Memiliki toko online dgn profit yg mencapai 6x lipat dr yg sy dpt sbg pegawai. Saat ini,katanya sdh bs disebut bisnis owner. (Toko Online saya @Batikorganik) silahkan visit di Instagramnyaa,,, ☺️
Berikut sharingnya kaka,,,

DREAMER
Untuk temans yg punya banyak mimpi, bangunlah mimpi itu dgn batasan langit. Mimpi itu gratis loh. Jgn takut bermimpi, krn jatuhmu juga tdk akan nyata. If U can dream it U can achieve it. Jika kita bs memimpikannya, kita jg bs mencapainya.
Jadilah DREAMER! Ini yg saya srg rasakan ada dlm diri saya. Sblm saya memutuskan utk resign, saya bangun mimpi saya setinggi langit, langit yg menjadi batasannya, bagi saya saat itu, semua yg ada di sekitar sya, adalah peluang! Saya jg membaca bnyk buku ttg Mimpi. Salah satunya Buku Rangga Umara-Pecel lele lela. Bagaimana keluatan mimpi bisa mengubah hidup, bisa mengubah dunia. Sebetulnya bnyk referensi lainnya hampir smua ttg mimpi, intinya beranilah merasa takut, berani merasa kecewa, berani untuk jatuh dan berani melangkah mulai dr NOL!

LEARNER
Bagi saya, fase learner yg sy lakukan disini adalah perjuangan yg sgt berat, baik fisik maupun materi. Saat memulai bisnis, saya mencoba ikuti dimana passion saya, krn yg saya inginkan saat itu, sy ingin usaha saya berjalan lama. Dgn passion, sy berharap melangkah tanpa mental dan mood yg naik turun.Saya yakin semua org tidak suka mengerjakan hal yg tdk disukai. Saat itu sy berfikir, apa bedanya saya skrg yg menjalani bisnis tanpa passion dgn saya saat itu menjadi pegawai yg tdk punya passion. Lalu, saya mulai memutar otak dan mencoba bisnis dgn mengikuti trend.Bisnis di bidang fashion, yg tdk akan mati (katanya fashion never die). Belajar dan belajar trus sy lakukan, dr mengikuti seminar bisnis setiap ada kesempatan, pelatihan, baca buku cari referensi dan inspirasi, dan berguru pd banyak org tentang apapun utk menambah wawasan.Dgn badan sy yg kecil dan kurus, saat itu sy belanja bahan2 dan mengangkut sndiri dgn 2 tangan saya dgn berat yg masing2nya luar biasa. Harusnya saat itu saya bs saja naik taxi atau ojek, tp sy sngja tdk melakukannya utk merasakan susahnya memulai dr NOL. Ngantri busway yg antriannya luar biasa dgn 2 kresek plastik yg beratnya luar biasa puluhan kilo.Ya begitulah, pembelajaran.

ACTOR
Dari kekuatan mimpi dan proses belajar tsb, saya berusha dgn keras mewujudkannya dgn membuka usaha. Dengan kemampuan seadanya sy belajar dan merealisasikannya dgn tindakan. Belajar menjadi aktor dr semua rencana yg kita bangun.Baik buruknya, gagal berhasilnya kita sndri yg akan menilai dan merasakan.

Nah 3 fase metamorfosa itu,,, yg skrg saya masih jalankan dlm bisnis. Termasuk saya menjadi member WPC merupakan bagian dari mimpi saya dan pembelajaran saya. Dengan ikut dlm program inkubator bisnis di iwpc 6 Cirebon, saya jauh merasa PD menjalankan semuanya,, krn saya berprogress.dari mulai Mengenali diri, Membuat bisnis canvass, Belajar membuat Logo dan Branding, Mengenal Haki, Memikirkan legalitas usaha, Kemasan produk, Survey bisnis, Konsultasi dan bimbingan dgn para Mentor sukses, dan pendampingan dgn LO (kakak2 mentor Angkatan IWPC sebelumnya), last but not least SILATURAHMI. Networking yg luas dgn banyak teman yg sdh sprti keluarga. Ya, kami keluarga UKM. Bisnis kecil yg bs menjadi sekoci penyelamat keluarga.

WPC dgn program inkubator bisnisnya membangun ribuan UKM di seluruh indonesia.

Regards,

Ana
Owner @batikorganik

Comments

comments

Share