harmony.co.id

Terapkan prinsip ini dalam membuat konten promosi agar lebih efektif

Dalam membuat konten promosi yang efektif, ada prinsip yang harus di kemas dengan baik yaitu AIDA. Apa itu AIDA? Awareness, Interest, Desire, Action.

Awareness (kesadaran/daya tarik)

Merupakan unsur yang dapat menarik perhatian konsumen untuk melihat konten. Pada tahap ini yaitu menciptakan kesadaran atau daya tarik pada sebuah brand dan produk/jasa yang kita jual. Prinsip nya adalah dalam membuat konten berikan pembuka berupa gambar, foto, kombinasi warna, atau tipografi yang dapat menarik perhatian orang untuk melihat konten yang kita buat. Buatlah sebaik mungkin, karena itu adalah kunci agar viewers meneruskan membaca atau melihat konten secara menyeluruh.

Interest (minat)

Merupakan unsur yang dapat membuat konsumen tertarik untuk membaca konten dan mengetahui lebih jauh. Prinsip ini dapat berupa copywriting (narasi) yang mengandung; tagline, quote, logline, pernyataan misi, atau bahkan cerita. Pada bagian ini usahakan untuk dapat memberikan konsumen sesuatu yang menarik dan relevan. Tahap ini penting untuk mendorong konsumen melakukan riset lebih lanjut terkait brand dan produk tersebut.

Desire (keinginan)

Merupakan unsur yang dapat membuat konsumen yang tadinya sudah tertarik menjadi ‘ingin’ untuk membeli. Pada prinsip ini yaitu berupa bujukan atau ajakan. Dan disini juga penting untuk menunjukkan keunggulan dari brand dan produk, serta membuat ketertarikan konsumen agar membutukan produk tersebut.

Action (aksi)

Merupakan unsur yang memberikan informasi terkait apa yang harus dilakukan bila kita sudah memutuskan suatu tindakan. Pada prinisp ini yaitu terdiri berupa link untuk pemesanan, nomor telephon, alamat, harga, dan info-info lainnya yang dibutuhkan untuk memutuskan suatu tindakan. Tak ada jaminan bahwa setiap proses pemasaran akan selalu berakhir dengan penjualan, namun penting untuk meyakinkan bahwa setiap konsumen yang sudah mencapai tahap ‘action’ memiliki impresi dan pengalaman yang menyenangkan terhadap brand dan produk.

Sumber: Glints.com

Comments

comments

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *