Mantau Fya; Oleh-Oleh dari Balikpapan

Erni Rufiaty perempuan asal Balikpapan, Kalimantan Timur yang memulai usahanya di bidang kuliner sejak tahun 2017 sampai saat ini. Awal mendirikan usaha ini adalah adalah karena beliau mempunyai hobi memasak dan mengulik resep.

Sebelum membuka usaha ini bu Erny merupakan pegawai Bank BUMN, karena ada beberapa alasan yang membuat beliau resign dari pekerjaan tersebut. Pada awal dibukanya usaha ini dimulai dengan usaha rumahan yaitu menerima pembuatan cake custom untuk ulang tahun, nah pada saat ada teman beliau yang berkunjung ke Balikpapan dan mencari oleh-oleh dari Balikpapan, disaat itulah beliau berinisiatif untuk membuat oleh-oleh asal Balikpapan yaitu Mantau Fya.

Mantau Fya ini ada beranekaragam variannya ada Mantau Kering rasa Kepiting Asam Manis, Original Susu, Kepiting Lada Hitam, dan Bawang Dayak. Sedangkan untuk Mantau Basah yaitu ada Mantau Rainbow Original.

Mantau Rainbow Original
photo by Erny Rufiaty

Saat mendirikan usaha ini bu Erny mendapaat dukungan dari teman-temannya. Tak heran jika saat ini omzet yang beliau dapatkan dari usaha tersebut mencapai 25 juta perbulan. Walaupun di tengah-tengah pademi ini usaha beliau mengalamin penurunan sekitar 35-40%, tapi beliau tetap menjaga mutu dan tidak menaikkan harga penjualan, karena itu salah satu strategi beliau untuk memasarkan produknya di tengah banyaknya persaingan yang terjadi.

Mantau kering Kepiting Lada Hitam
photo by Erny Rufiaty

Menurut bu Erny, untuk memberikan hasil yang baik kepada ‘customer’ beliau memberikan tanggung jawab penuh terkait orderan produk, pengemasan produk, cita rasa produk, serta harga yang terjangkau. Dan seandainya terjadi komplain dari ‘customer’ cara mengatasinya yaitu dengan melakukan quality control terhadap produk, menanyakan produk, dan meminta feedback kepada custumer untuk perbaikan. Ibu Erny juga berpesan agar selalu disiplin waktu, tidak mudah menyerah, dan selalu berinovasi terhadap produk yang ada, karena cara itulah yang selama ini bu Erny lakukan untuk mengembangkan diri dalam menjalani bisnis.

Mantau Kering Kepiting Asam manis
photo by Erny Rufiaty

Selama pandemi covid-19 ini bu Erny berusaha bertahan dan berjuang untuk membuat keadaan perekonomian tetap stabil “Karena ini yang akan menjadi wadah rezeki bagi pegawai perempuan-perempuan untuk menafkahi keluarganya.” tutur bu Erny.

Selain berbisnis beliau juga menjadi salah satu member Womanpreneur Community (WPC). Bu Erny juga menjelaskan tentang bagaimana awalnya mengenal Womanpreneur Community (WPC). “Saat itu saya mendapat whatsApp (WA) dari seorang teman yang mengajak bergabung untuk mengikuti pelatihan bagi perempuan yang mempunyai usaha dan saya pun tertarik untuk mengikutinya.”

Dan dampak saat bu Erny mengikuti member pun sangat positif sekali yaitu beliau dapat mengaplikasikan langsung ilmu bisnis yang beliau pelajari sehingga dapat meningkatkan kinerja dan produktivitas pada bisnis tersebut. Dan tentunya produk yang beliau pasarkan ini tersedia di WPC lho, jadi buat yang cari oleh-oleh tidak perlu jauh-jauh ke Balikpapan, cukup belanja di WPC selain hemat tenaga, kita juga bisa hemat ongkos.

Mantau Kering Original Susu
photo by Erny Rufiaty

Sebagai member Womanpreneur Community ternyata sangat menguntungkan sekali untuk bu Erny, diantaranya ialah mendapatkan akses untuk memasuki PADI UKM, mendapatkan bantuan untuk pengurusan HAKI secara gratis, terpilih kurasi untuk BBI dengan BCA, serta mendapatkan bantuan alat -alat dari Benih Baik Tokopedia melalui WPC. Dan yang lebih menginspirasi lagi adalah beliau sudah banyak mendapatkan prestasi atas usaha yang beliau jalankan yaitu:

2017 Juara UKM WOW, Juara Master Oleh Oleh Blue Band KalTim, 30 Besar Start Up Pegadaian

2018 Finalis Deureuham, Food StartUp Indonesia (FSI), Pemenang BIP Bekraf

2019 Penghargaan Warga  Berprestasi bidang UKM dari Pemkot Balikpapan, Juara 3  Kreteknov ( Mantau Kering Kepiting), Juara Harapan 1 Kreteknov Bingka Lapis

2020 Juara Inkubator Woman Preneur Community Balikpapan, Juara Food  Fotograph Bank Indonesia, Juara Digital Marketing Kontes Bank Indonesia, Kuliner Unggulan Gerbang UMKM

Mantau Kering Bawang Dayak
photo by Erny Rufiaty

Wah,,,, hebat sekali bukan? Sebagai perempuan tentunya kita tidak boleh lemah dalam hal apapun, dari bu Erny kita belajar bahwa apapun usahanya jika kita tekun maka akan membuahkan hasil yang maksimal. Untuk perempuan-perempuan di luar sana mari kita pulihkan perekonomian keluarga dengan terus berkarya.

Instagram @mantaufya_balikpapan,  @fya_cookies

Facebook Mantau Fya, Fya Cookies

SALAM SUKSES SELALU

Sumber: Erny Rufiaty

Comments

comments

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *