pengusahamuslim.com

Yuk! Pahami Jenis-jenis Laporan Keuangan dalam menjalankan UMKM

Laporan keuangan adalah sebuah laporan yang berisikan informasi mengenai transaki pemasukan, pengeluaran, dan juga kredit sebuah usaha. Dalam pembuatannya sendiri, laporan keuangan di sesuaikan dengan kebijakan dari tiap usaha. Kebijakan yang dimaksudkan adalah periode dari laporan keuangan tersebut, mulai dari laporan keuangan harian, bulanan, dan tahunan.

Jenis-jenis Laporan Keuangan

Laporan Neraca Keuangan (Balance Sheet)

Laporan neraca keuangan adalah salah satu jenis laporan keuangan yang berfungsi untuk melihat kondisi atau posisi keuangan dalam periode tertentu.

Laporan Arus Kas (Cash Flow)

Laporan arus kas berisikan informasi yang menunjukan alur atau aliran kas sebuah usaha. Laporan ini dapat digunakan sebagai indikator aliras kas usaha di masa mendatang.

Laporan Perubahan Modal

Dalam menjalankan sebuah usaha, tentunya kita akan memperlukan yang namanya dana ataupun modal. Laporan perubahan modal berfungsi untuk sebuah usaha melihat seberapa besar modal tersisa yang dimiliki oleh sebuah usaha agar dapat menentukan strategi pengembangan selanjutnya.

Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi adalah jenis laporan keuangan yang bisa dikatakan paling umum di antara pelaku usaha. Laporan laba rugi berfungsi untuk pelaku usaha dapat mengetahui apakah saat ini usahanya sedang dalam posisi laba atau rugi.

Sumber:https://moodah.id/blog

Comments

comments

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *