Keunikan dari Fashion ‘ANN&B’

Indonesia merupakan tempat yang sangat bagus untuk pemasaran dan pengembangan bisnis pakaian bayi dan Anak. Hal itu dikarenakan masyarakat yang mempunyai pola pikir yang sudah maju dan modern dalam dunia fashion.

Dengan bertambahnya kebutuhan masyarakat, kami mencari terobosan agar masyarakat dapat tertarik dengan produk buatan kami dan mencari tahu apa yang diinginkan masyarakat di zaman modern ini. Melalui kreasi dan keuletan kami dalam berkarya di luar bidang akademik yaitu Desain, maka fashion pada masa kini bisa semakin berkembang dengan sangat cepat.

photo by: Defria Kirana

Defria Kirana perempuan yang memiliki usaha dibidang fashion Ann&B, usaha ini sudah berjalan kurang lebih 6 tahun dan mencapai omzet 15-20 juta/bulan. Berawal dari pengalaman pribadi menjadi seorang Ibu yang memiliki bayi/anak, usaha Ann&B ini pun hadir untuk memecahkan kesulitan yang terjadi yaitu dengan memproduksi Sepatu bayi.

Kesulitan ini bukan hanya dialami oleh beliau pribadi, namun juga oleh sebagian besar ibu-ibu yang memiliki bayi, dimana ukuran bayi normal lahir biasanya hanya di 8 cm, sehingga sulit mendapatkan sepatu yang pas dengan ukuran kakinya, sehingga bayi tersebut hanya mengunakan kaos kaki.

photo by: Defria Kirana

Ann&B didirikan di Bandung, Jawa Barat, pada tanggal 12 May 2014, dan kini sudah memindahkan kantor dan tempat produksi ke Bali, sejak tahun 2015 mengikuti kepindahan keluarga ke pulau dewata yang indah ini.

Kehadiran di Bali pun diharapkan bisa dikenal tidak hanya di Indonesia namun hingga ke mancanegara, karena keunikannya dan sebagai salah satu kerajinan tangan. Kemudian di tahun 2019 mengalami Ekspandi ke pakaian besar, yaitu mulai Kids – Dewasa, dengan Brand Halu.an. Masih dengan desain yang unik dan fullcolor, membuat produk fashion dewasa menjadi berbeda, karena desain pada corak rata-rata yang di desain sendiri dan melalui proses digital printing.

photo by: Defria Kirana

Keunikan dari pakaian serta sepatu bayi Ann&B baby adalah diproduksi handmade oleh Ibu-Ibu sekitar rumah, sebagai bentuk CSR dari Ann&B, sudah menggunakan anti-Slip sehingga aman untuk bayi yang belajar berjalan, material yang sangat aman, nyaman dan hangat jika dipakai bayi, dan memiliki Wangi Vanilla, dimana wangi vanilla ini berisikan anti-bacterial untuk bayi yang sangat aman.

Kemasan kami terlihat sangat eksklusif, sehingga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk dijadikan hadiah. Pakaian yang diproduksi sudah melalui proses pencucian, sehingga bisa langsung digunakan oleh bayi/anak. Salah satu keunggulan dari produk ini adalah wangi vanilla.

photo by: Defria Kirana

Ann&B ini juga salah satu UMKM yang dibina oleh Womanpreneur Community. Womanperenur Community merupakan organisasi yang membina UMKM seluruh Indonesia agar para wanita mampu berdaya saing secara ekonomi. Awal mula bu Defria mengenal Womanpreneur Community melalui google pada tahun 2017 dan manfaat untuk beliau sendiri adalah, beliau menjadi tau bisnisnya mau dibawa kemana dan memiliki mimpi sebesar apa.

Beliau juga mendapatkan prestasi menjadi UKM terpilh oleh Bapak Mentri Pariwisata (MenParekraf) Bp.Sandiaga Uno untuk mempresentasikan produknya secara langsung bersama 6 UKM lainnya dari Bali. Padahal bu Defria selain memilki usaha ini, beliau juga memiliki kegiatan lain, tapi tetap semangat sehingga mendapatkan prestasi yang sangat membanggakan.

photo by: Defria Kirana

Untuk produk AnnBbaby, setiap harinya bayi akan lahir ke dunia ini, dan semakin kesini ibu2 muda semakin aware dengan fashion untuk bayi. Sehingga, prospek kedepannya sangat bagus. Untuk Produk Halu.an, kami memproduksi jaket/coat pelindung diri dengan bahan katun yg di coating dengan waterproof sehingga sangat nyaman dan aman, apalgi setelah adanya pandemic ini, kemungkinan kehidupan akan berbeda, orang akan aware dengan perlindungan diri.

“Dan kami peduli dengan hal itu.”

Cara memasarkan produk Ann&B ini melalui online, dan cara meminimalisir resiko complain dari customer yaitu, Foto produk harus sesuai dengan produk aslinya, ukuran juga di infokan dengan detail di setiap produk. Dengan begitu customer akan merasa puas dengan produk yang dibeli karena produknya sesuai dengan gambar yang infokan. Kenapa customer tertarik membeli produk Ann&B? Karena produk tersebut mempunyai keunikan tersendiri dan wangi vanilla.

photo by: Defria Kirana

Motivasi bu Defria menjalankan usaha ini, “Karena saya melahirkan usaha ini dari 0 dan saya bermimpi menjadi pengusaha besar yang memiliki garmen besar untuk produksi hingga bisa ekspor ke luar negeri, selain itu saya juga menerapkan dalam diri saya agar memiliki keimanan yang kuat, karena dalam setiap menjalankan usaha pasti ada kendala yang harus kita hadapi dan salah satu kendala saya adalah persaingan yang terlalu banyak dan modal.” tuturnya.

Yang selalu beliau tekankan pada usaha Ann&B ini adalah bahwa apa yang kami produksi bukan hanya sekedar sepatu/pakaian, namun kami menjual sebuah Karya Seni anak Bangsa, yang memiliki sinergi dalam perkembangan dunia Fashion di Indonesia maupun dunia.

“Ann&B memulai usaha lewat online dari 2014, dan bermimpi memiliki took offline, alhamdulillah justru di masa pandemic 2020, mimpi itu tercapai, memiliki took offline yang bisa didatangi orang.”

Instagram : @AnnBbabyshop dan @Haluan.bali

www.annbbaby.com

SALAM SUKSES SELALU

Sumber: Defria Kirana

Comments

comments

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *