Pencatatan dan Pengeluaran Keuangan sambil rebahan!

Pada hari Selasa, 20 April 2021 Womanpreneur Community mengadakan kolaborasi bersama Amiga untuk pemberdayaan UKM/IKM melalui teknologi. Pada webinar kali ini mengangkat tema tentang Pencatatan Laporan Keuangan Usaha bersama Irma Sustika selaku Founder Womanpreneur Community dan Fitri Hardiyanti selaku CEO Amiga.id

Semakin hari, Teknologi Digital berkembang dengan begitu cepat. Dan kebanyakan sekarang orang-orang gak mau ribet, apalagi bagi pelaku UMKM/IKM. Bagi mereka, sekarang yang dibutuhkan adalah sistem yang simple & mudah dimengerti ketika digunakan atau bisa memiliki asisten/admin yang dapat membantu setiap harinya. Untuk itu aFin merupakan solusi dari permasalahan tersebut.

aFin adalah sebuah produk yang menyediakan layanan keuangan dan administrasi bagi founder/admin/IKM/UMKM untuk membuat pencatatan keuangan sederhana yang terintegrasi dengan aplikasi instant messenger. Dengan adanya aFin ini maka dapat membantu kita dalam mencatat keuangan melalui aplikasi WhatsApp (WA) sambil rebahan, nongkrong, atau ketika dalam perjalanan, karena kita tidak perlu repot-repot untuk membuka dari laptop. aFin ini bisa digunakan dari WhatsApp account personal dan bisa juga WhatsApp acoount Business.

Cara menggunakan aFin ini juga sangat mudah sekali lho,, ketika kita sudah melakukan registrasi maka kita akan mendapatakan WhastApp dari Amiga ( Support Amiga) yang isinya adalah tata cara penggunaan aFin. Misalnya kita kirim WhatsApp ke Amiga dengan ketikan “Menu”, maka nanti akan muncul daftar Menu Bon yang isinya cara upload bon, cara export rekap bon, cara approve bon, input bon masuk, edit bon, dan hapus bon. Rekapan ini juga akan dikirimkan oleh Amiga ke kita setiap satu bulan sekali, agar kita bisa melihat langsung hasil dari pencatatan kita. Tentunya masih banyak lagi kemudahan-kemudahan dari aFin yang dapat membantu kita untuk melakukan usaha atau bahkan akan melakukan usaha.

Langkah-langkah sederhana yang bisa dilakukan oleh pelaku UMKM/IKM adalah membuat buku kas, melakukan pencatatan uang masuk dan uang keluar, membuat buku khusus stok barang, dan buku asset/investaris. Untuk pencatatatan keuangan itu harus dilakukan secara rutin dan rajin.

Pentingnya pencatatan keuangan untuk startup/perusahaan; Pertama, karena bisa mengetahui setiap transaksi yang dilakukan, baik itu kas masuk ataupun kas keluar. Kedua, untuk mengetahui cash on hand lebih pasti dan kita bisa mengontrol biaya yang disebabkan oleh operasional bisnis. Ketiga, memberi informasi tentang keadaan usaha kita kepada pihak lain, dengan begitu maka kita bisa mendapat gambaran prospek kelangsungan usaha, Keempat, dapat meminimalisir risiko kehilangan aset, baik itu persediaan, uang, aset barang, dsb.

Comments

comments

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *