Hari Kebangkitan Nasional

Setiap tanggal 20 Mei, masyarakat Indonesia tentunya akan memperingati Hari Kebangkitan Nasional. Hari Kebangkitan Nasional bertepatan dengan lahirnya Organisasi Budi Utomo yang didirikan oleh pelajar di School Tot Opleiding Van Inlands Arsten pada tahun 1908.

Kelahiran Budi Utomo dinilai pantas untuk menggambarkan bagaimana bangsa indonesia mulai bangkit melawan penjajahan. Pada masa kemerdekaan agenda terpenting adalah membangun kesadaran sebagai bangsa, maka dari itu awal kemerdekaan juga menjadi latar belakang berdirinya Organisasi Budi Utomo.

Tokoh-tokoh Hari Kebangkitan Nasional di antaranya adalah Soetmo, Goenawan Mangoenkoesoemo, Soeradji Tirtonegoro, Gondo Soewarno, Soelaiman, Angka Prodjosoedirdjo, M. Soewarno, Moehammad Saleh, dan RM. Goembrek.

Latar belakang yang kuat dan tujuan yang sama antar pendiri organisasi dengan ideologi bangsa membuat Budi Utomo menjadi pelopor perjuangan. Dengan memanfaatkan kekuatan pemikiran dan keberagaman organisasi juga dapat mempercepat tercapainya kemerdekaan.

Sumber: Detik.com

Comments

comments

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *