idcloudhost.com

Panduan Memulai Bisnis Oanline Hingga Sukses bagi Pemula

Kenali mekanisme bisnis secara online

Pada dasarnya bisnis online dapat didefinisikan sebagai aktivitas perdagangan, baik barang maupun jasa, yang dilakukan dengan menggunakan internet sebagai penghubung antara penjual dan pembeli. Dalam memulai bisnis online, ada hal yang perlu diperhatikan yaitu bentuk toko online. Apakah akan mendirikan website khusus untuk menjual suatu produk, atau Anda hanya menggunakan berbagai platform marketplace yang tersedia gratis, mengingat kedua pilihan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Bagi yang telah mempersiapkan modal yang cukup, mungkin bisa mendirikan website khusus. Namun apabila baru memulai dengan modal yang terbatas, maka platform marketplace seperti Tokopedia dan Bukalapak bisa menjadi pilihan utama.

Persiapkan mental

Selain mempersiapkan aspek teknis, kita juga harus mempersiapkan aspek psikis, mengingat kita lah yang akan menentukan kesuksesan atau kegagalan toko. Maka dari itu, sebaiknya memiliki berbagai kualitas yang dibutuhkan untuk mengelola bisnis online hingga sukses. Diantaranya adalah adanya keinginan untuk belajar dan berkembang, tidak mudah putus asa, dan berani mengambil risiko.

Kenali kebutuhan pasar

Salah satu cara untuk mengetahui kebutuhan pasar adalah dengan bertanya langsung kepada konsumen. Cara ini memang terkesan sederhana namun percayalah bahwa ini merupakan cara yang paling mudah. Dengan bertanya langsung ke konsumen kita dapat mengetahui masalah apa yang bisa kita selesaikan dengan produk yang berkaitan.

Tentukan jenis produk yang ingin dijual

Setelah selesai menganalisa kebutuhan pasar, maka sudah saatnya Anda memikirkan produk apa yang akan diluncurkan ke pasaran. Setelah menemukan celah di dalam pasar, sebaiknya berikan produk yang mampu menutup celah tersebut. Apabila ada kekurangan yang selama ini tidak tercukupi oleh produk lain, maka produk kita harus mampu menutup kekurangan tersebut. Dengan demikian produk dapat lebih cepat dikenal, sekaligus menjadi penting bagi konsumen.

Sumber: Mokapos.com

Comments

comments

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *