LAUNCHING platform e-Commerce Karyaperempuan.id 17-Agustus-2021

Salam Inspirasi…..

Perempuan memainkan peranan yang penting di dalam ekonomi keluarga. Dimana seperempat bisnis di dunia ini dimiliki oleh perempuan. Namun sayangnya sebagian besar tidak terlihat di dalam rantai nilai global dan rantai pasokan perusahaan dan pemerintah. Begitu pula jika kita melihat jumlah UMKM / IKM di Indonesia – 60 % nya dijalankan oleh perempuan. Dengan menyertakan kaum perempuan secara aktif, dan menetapkan kebijakan yang adil sebagai salah satu prioritas pemberdayaan ekonomi kecil dan menengah mendorong pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang dijalankan oleh perempuan dapat berkontribusi mengembangkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif, dan peran perempuan semakin diberdayakan.

Kami adalah adalah komunitas Womanpreneur Community (WPC) / Karya Perempuan Indonesia – merupakan organisasi nirlaba dan secara khusus berfokus pada pemberdayaan ekonomi perempuan. Sejak tahun 2010 dan hingga saat ini kami telah melahirkan lebih dari 1000 lokal brand perempuan melalui Inkubator Bisnis yang kami selenggarakan sejak 2013.

Dengan 3 Pilar kami dalam mendorong kekuatan UMKM dan IKM perempuan yakni

1. Penguatan kapasitas (melalui Pendampingan intensif)

2. Perluasan akses pasar

3. Akses pembiayaan

Pandemi mengguncang ekonomi di segala sektor, tak terkecuali UMKM yang sangat merasakan dampaknya. Pandemi panjang yang belum berkesudahan ini, membuat banyak dari kita mengalami penurunan pendapatan Bisnis – terpaksa tutup, di rumahkan bahkan kehilangan pekerjaan, yang kesemuanya mengakibatkan kehilangan pendapatan.

Bagaimana kami menyikapinya ? Menyerah / mengeluh bukan pilihan kami.

Sejak April 2020 kami melahirkan Gerakan Penjualan Bersama melalui katalog digital. Seiring dengan besarnya jumlah anggota kami, tentu platform tersebut tidak dapat memadai lagi. Untuk itulah kami berinisiasi menghadirkan www.karyaperempuan.id sebagai platform Ecommerce anak bangsa.

Apa yang membedakan E-commerce kami dengan lainnya?

Dengan spirit gotong royong dan sharing economy – Karyaperempuan.id hadir sebagai marketplace pertama di Indonesia dengan keunggulan :

1. Seluruh produk di karyaperempuan.id adalah produk lokal karya perempuan dari UKM/IKM berbagai wilayah Nusantara.

2. Seluruh produk serta seluruh pemilik brand yang tergabung di karyaperempuan.id telah terkurasi dengan baik melalui program pendampingan pengembangan usaha secara intensif dan berkesinambungan.

3. Dengan spirit Bangkit Bersama – karyaperempuan.id juga mendorong masyarakat khususnya perempuan, mendapatkan tambahan pendapatan dengan menjadi bagian dari affiliate marketer.

Karyaperempuan.id menghadirkan produk-produk dengan Brand Lokal yang berasal dari seluruh pelosok Nusantara – yang telah melalui proses mentoring bisnis dan kurasi produk. Kami bertekad membangun ekonomi gotong royong di Indonesia dengan menciptakan platform yang menjembatani antara UMKM Perempuan yang telah kami berikan pendampingan pengembangan bisnis di sisi penawaran, dan konsumen di sisi permintaan yang dibantu oleh reseller.

Tiga pemangku kepentingan antara UMKM, reseller dan konsumen – yang saling berhubungan dan saling diuntungkan – jika mereka bergerak bersama. Dengan platform ekonomi gotong royong ini, karyaperempuan.id berharap dapat membangun sistem ekonomi baru yang lebih setara, inklusif dan kohesif.

Kami terus melakukan penguatan kapasitas UKM binaan kami yang sampai dengan saat ini mempunyai sekitar 17.000-an member, sebagian besar mereka adalah perempuan Ibu rumah tangga dari berbagai kota. Mereka bergerak di bidang usaha mulai dari perdagangan, kuliner, agribisnis, industri kreatif, hingga berbagai sektor industri kecil lainnya, juga mereka yang baru akan memulai langkah memulai usaha.

Dalam peluncuran karyaperempuan.id yang akan dilaksanakan pada hari Selasa 17 Agustus 2021 – kami juga menghadirkan rangkaian Webinar mulai pada hari Minggu tanggal 15 Agustus 2021 dalam rangka Hari UKM Nasional 12 Agustus dan Hari Kemerdekaan 17-Agustus – dengan spirit Parade Perempuan Kemerdekaan Mandiri ekonomi.

Rangkaian Webinar tersebut akan diisi dengan beragam topik dan pemateri. (Rundown akan kami susulkan).

Kami mengharapkan kesediaan sahabat-sahabat Media untuk berpartisipasi, bersinergi dan hadir dalam zooming acara pembukaan program ini, sebagai awal dari salah satu rangkaian program pemberdayaan ekonomi perempuan ini yang merupakan bagian dari rangkaian kampanye program Womanprenur Community untuk menciptakan lahirnya 1 JUTA PEREMPUAN BERDAYA EKONOMI dan membawa UKM perempuan Indonesia ke pasar global.

Terima kasih atas dukungan sahabat-sahabat Media untuk UKM Perempuan Indonesia.

Comments

comments

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *