Cara Menentukan Target Pasar yang Efektif Untuk Bisnis UKM Atau UMKM

Tentukan Siapa Konsumen Anda, Setelah Anda memiliki ide  produk yang akan Anda tawarkan kepada konsumen. Selanjutnya tentukan siapa saja calon konsumen sasaran Anda.

Penentuan target pasar dapat ditentukan berdasarkan beberapa segmentasi sebagai berikut:

  1. Geografi
  2. Demografi
  3. Psikologi

Ketahui Target Kebutuhan Pasar, Setelah Anda menentukan siapa konsumen Anda, selanjutnya adalah mencari informasi kebutuhan konsumen yang Anda sasar. Cara ini dapat Anda lakukan dengan melakukan tes produk. Dengan demikian, Anda dapat mengetahui kebutuhan pasar atas produk yang Anda tawarkan.

Evaluasi Target Pasar, Selanjutnya adalah mengevaluasi kembali kebutuhan serta ketertarikan target pasar yang Anda sasar terhadap produk yang Anda tawarkan. Hal ini perlu dilakukan untuk mengetahui ketertarikan konsumen.

Tentukan Strategi Pemasaran, Setelah mengevaluasi target pasar, tentukan strategi yang tepat dalam hal pemasaran produk. Karena tiap target pasar mempunyai gaya yang berbeda-beda dalam penentuan strategi pemasarannya.

Evaluasi Respon Pasar, Evaluasi respon pasar bertujuan untuk mempertahankan dan meningkatkan penjualan produk yang Anda tawarkan.

Sumber:Jurnal Entrepreneur

Comments

comments

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *