Proses Integrated Marketing Communication (IMC)

  1. Analisis Situasi dan Kondisi

Kamu harus menganalisa titik permasalahan dalam pemasaran dan menemukan solusi untuk permasalahan tersebut. Kamu bisa menggunakan analisis SWOT (Strengths, Weakness, Opportunity, dan Threat) untuk menganalisis kondisi produk-mu. 

  1. Analisis Target Pasar

Kelompokkan target pasar-mu berdasarkan demografi dan profil psikologi. Selanjutnya, lakukan analisis mengenai proses penyaluran informasi. Komunikasikan informasi pada target konsumen secara spesifik agar pesan-mu tersampaikan dengan baik.  

  1. Pastikan Tujuan Komunikasi

Perhatikan proses dan tujuan komunikasi, misalnya untuk meningkatkan brand awareness, membangun citra perusahaan, maupun mendorong penjualan. Dengan menentukan tujuan kamu akan mudah merancang semua hal yang berkaitan dengan strategi. 

  1. Susun Anggaran

Tentu saja, kamu harus menyusun anggaran. Pastikan pertimbangan-pertimbangan ketika kamu menyusun anggaran agar anggaran tersebut bisa dimanfaatkan secara efektif dan tepat sasaran. 

  1. Kombinasi Strategi

Lihat kembali tujuan apa yang ingin kamu capai, dalam implementasinya juga bisa menggunakan kombinasi marketing mix (product, price, place, promotion, people, process, dan physical evidence) dan 4C’s (complementary, continuity, consistency, coherence). 

  1. Tinjau dan Evaluasi

Setelah melakukan serangkaian proses tersebut, kamu perlu melakukan evaluasi hasil kinerja apakah sudah efektif dan efisien.

Sumber: https://ngalup.co/

Comments

comments

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *