Self Awareness

Self-awareness adalah kemampuan dalam menyadari dan memahami perilaku, perasaan, sifat diri sendiri. Pada dasarnya, self-awareness merupakan keadaan psikologis di mana fokus perhatian kita terletak pada diri sendiri.

Terdapat dua tipe dari self-awareness:

Public self-awareness. Tipe ini muncul ketika kamu mulai menyadari bagaimana penampilan kamu di mata orang lain. Bagaimana orang lain melihat value, passion, aspirasi yang kamu miliki.

Private self-awareness. Tipe ini muncul ketika kamu menyadari beberapa aspek dalam diri sendiri. Misalnya, mengenal wajah diri sendiri dalam cermin, mengetahui apa saja yang ada dalam pikiran, mampu merasakan jantung berdebar saat bertemu orang lain yang kamu sukai.

Manfaat Self-awareness:

Menjaga kesehatan. Memiliki self-awareness yang baik akan mampu meningkatkan kesehatan mental, emosional, fisik. Dengan melatih kesadaran diri, kamu memberi kesempatan untuk memprioritaskan apa yang dibutuhkan oleh tubuh.

Bekerja Cerdas. Self-awareness dapat membuat kamu mengenali kekuatan dan kelemahan diri, sehingga kamu dapat bekerja lebih cerdas dan mampu menyiapkan diri untuk kesuksesan.

Memahami situasi. Kamu akan lebih mampu memahami seutuhnya situasi yang sedang dihadapi. Dengan self-awareness akan membantu kamu untuk memerhatikan apa yang terjadi di sekitar dan pengalaman yang kamu alami.

Sumber: https://www.goodnewsfromindonesia.id

Comments

comments

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *