Pentingnya Referral dan Customer Engagement untuk Menaikkan Level Bisnis

Tak bisa dipungkiri jika konsumen adalah salah satu aspek paling berpengaruh dalam bisnis. Hal tersebut mejadikan customer engagament atau keterlibatan konsumen menjadi salah satu hal yang sangat penting.

Saat konsumen mempercayai brand Kamu dan sepaham dengan value yang dimiliki perusahaan, maka mereka akan jadi tergerak untuk melakukan referral. Kata referral sendiri merujuk pada sebuah rekomendasi yang diberikan konsumen kepada orang lain di sekitarnya, mengenai produk dan brand yang Kamu miliki.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mempercepat terjadinya referral;

Temukan hal yang Memotivasi konsumen untuk melakukan referral. Sudah menjadi keharusan konsumen, kalau mereka merasa puas dengan produk yang mereka beli, dan menjadi tanggung jawab perusahaan untuk selalu menjual barang berkualitas. Tapi untuk bisa mendapatkan lebih banyak referral dalam jangka waktu singkat, tidak cukup hanya dengan menjaga kualitas produk saja. Kamu harus tahu hal apa yang akan memotivasi konsumen untuk melakukan referral. Mungkin ada konsumen yang tergerak melakukan referral karena ingin mendapatkan produk murah lewat voucher diskon. Bisa jadi ada pula konsumen yang melakukan referral murni karena ingin berbagi informasi mengenai produk yang mereka suka kepada orang di sekitarnya.

Pastikan konsumen yang melakukan referral mendapatkan Apresiasi. Akan jauh lebih mudah mendorong konsumen yang sudah melakukan referral untuk memperbanyak aktivitas. Selalu berikan apresiasi terbaik kepada konsumen yang sudah melakukan referral. Adanya apresiasi baik dalam bentuk ucapan terimakasih maupun reward lainnya, akan mendorong konsumen untuk terus melakukan referral di kemudian hari. Bentuk reward/apresiasi sendiri bisa disesuaikan dengan kebutuhan konsumen dan tentunya kondisi finansial perusahaan.

Evaluasi data yang diperoleh dari referral. Dalam bisnis, setiap hal harus dilakukan berdasarkan data. Maka dari itu, setiap kali melakukan campaign untuk memicu terjadinya referral, selalu catat setiap perubahan yang terjadi. Manfaatkan data yang diperoleh dari setiap referral campaign sehingga, Kamu bisa melakukan evaluasi untuk menemukan cara yang lebih efektif di kemudian hari.

Sumber:blog.usetada.com

Comments

comments

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *