Komponen Biaya Produksi Yang Sering Digunakan Perusahaan Manufaktur

Biaya Bahan Baku Juga Bahan Setengah Jadi. Salah satu komponen biaya produksi yang penting adalah bahan baku atau bahan setengah jadi. Nantinya bahan baku diolah menjadi barang jadi melalui proses yang jelas dan rinci, supaya jelas asal-usul harga pokok produksinya.

Biaya Bahan Pembantu / Penolong. Bahan pembantu atau penolong merupakan bahan yang tidak dapat diperhitungkan jumlah pemakaiannya. Walaupun begitu bahan pembantu dibutuhkan untuk membantu membereskan proses produksi.

Biaya Tenaga Kerja Langsung Dan Tak Langsung. Untuk memproses bahan baku menjadi bahan jadi membutuhkan peran tenaga kerja, maka kegiatan produksi termasuk dalam komponen biaya produksi. Adapun tenaga kerja tak langsung yaitu orang yang berpengaruh dalam proses produksi, namun tidak terlibat langsung.

Biaya Penyusutan Alat Produksi. Untuk memelihara serta menjaga performa mesin, maka biaya penyusutan alat masuk dalam komponen biaya produksi. Pada perusahaan manufaktur mesin produksi memegang peranan yang sama pentingnya dengan tenaga kerja langsung, sehingga perlu perawatan khusus.

Sumber:harmony.co.id

Comments

comments

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *