Tips Mengelola Keuangan Bisnis Paling Efektif

Mencatat Setiap Pengeluaran Usaha. Kamu harus mencatat biaya pengeluaran secara detail dan lengkap, caranya kamu bisa melacaknya dari setiap transaksi yang terjadi misalnya saja dari kwitansi atau faktur pembayaran.

Mencatat Pemasukan Usaha. Kamu dapat menghitung setiap pemasukan yang didapat dan menghitung potongan dari setiap kewajiban yang seharusnya dibayarkan.

Menyusun Budgeting. Adanya budgeting, pengeluaran biaya dari bisnis kamu menjadi lebih terkendali karena dapat dijadikan sebagai batasan untuk menilai seberapa efisiennya usaha. Dalam menyusun budgeting, kamu dapat menyesuaikannya dengan keadaan bisnis kamu dan lakukan review budgeting bagi usaha kecil agar memiliki gambaran yang lebih baik.

Pisahkan Keuangan Pribadi dengan Bisnis. Kamu bisa nih membuat dua akun bank, untuk pribadi kamu dapat menggunakan identitas diri sedangkan untuk bisnis, kamu bisa memakai nama usahamu. Dengan begitu kamu bisa dengan mudah melacak setiap kebutuhan pribadi maupun usaha sehingga dapat berjalan dengan baik.

Mengawasi Arus Kas Bisnis. Untuk mengawasi pergerakan keuangan bukanlah hal yang mudah bagi seorang bisnis,karena membutuhkan ketelitian yang tinggi. Dalam mengontrol arus kas, kamu bisa meminta bantuan administrator agar pengawasan arus kas serta menetapkan prosedur keuangan yang baik.

Sumber: jubelio.com

Comments

comments

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *