Manajemen Keuangan Bisnis

Manajemen keuangan dapat diartikan sebagai kegiatan atau aktivitas perusahaan atau organisasi yang berhubungan dengan bagaimana perusahaan memperoleh dan mengelola dana atau aset yang dimiliki.

Tentu impian semua pebisnis mampu membawa perusahaannya berkembang dan berkelanjutan. Untuk mencapainya, diperlukan manajemen keuangan yang baik. Bahkan ketika memulai bisnis, pengelolaan keuangan bisnis menjadi yang paling diperhatikan dalam rencana bisnis sejak awal beroperasionalnya perusahaan. 

Pentingnya pengelolaan keuangan bisnis:

  • Mengatur uang masuk dan keluar  
  • Penyimpanan uang agar lebih aman
  • Memaksimalkan keuntungan 
  • Menekan biaya 
  • Penghitungan pajak

Manfaat mengelola keuangan bisnis dengan tepat:

Memberikan kepastian. Pengelolaan keuangan perusahaan yang tepat tentu akan memberikan sejumlah hasil yang tetap atau pasti. 

Mencegah atau meminimalisir terjadinya kerugian. Pentingnya pengelolaan keuangan ini adalah bagian dari manajemen risiko untuk meminimalisir bila terjadi kerugian.  

Memiliki dana cadangan. Tak ada yang dapat menjamin bahwa situasi ekonomi akan terus stabil atau kuat. Apabila dalam kondisi ekonomi mengalami penurunan atau goncangan, supaya perusahaan dapat bertahan lebih lama maka diperlukan dana cadangan yang tebal untuk menjaga keberlangsungan operasional perusahaan. 

Sumber: lifepal.co.id

Comments

comments

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *