11 Tahapan Membangun Bisnis

Pertama, Action

Setinggi apapun impian anda, seunik apapun ide bisnis Anda, se -inovatif apapun produk yang Anda buat, semua tidak akan ada hasilnya tanpa langkah nyata. Setelah menemukan ide dan peluang bisnis, segeralah memulai. Ingat, intinya adalah Action, Ciptakan produk yang kreatif dan inovatif, apapun jenis bisnis yang Anda pilih, bentuk produk jadi maupun bidang jasa.

Fokus pada  strategi pemasaran, tentukan target pasar yang tepat, berikan nilai tambah,membangun branding, lakukan promosi yang kreatif, mengubah calon pelanggan menjadi pelanggan. Semua langkah butuh Action, beberapa orang terkadang gagal memulai usaha karena hanya berhenti pada poin “ persiapan “ di atas. Karena semua akan bisa Anda lihat hasilnya jika anda segera menjalankan usaha Anda.

Kedua, Tentukan ide Bisnis yang ingin dikembangkan

Mau bisnis apa yaa? Itu yang biasa terucap bagi yang ingin memulai usaha. Lihat sekeliling, Kita bisa memperoleh ide bisnis dari permasalahan yang kita hadapi, permasalahan yang dihadapi orang lain, dari sekeliling kehidupan kita. Pilih ide bisnis yang mudah Anda lakukan, memiliki kemampuan pada bidang tersebut, adanya passion dalam diri Anda.

Ketiga Tetapkan Visi dan Misi

Bisnis tanpa misi ibarat melangkah tanpa ada tujuan yang jelas hanya ibarat air yang mengalir.

Keempat, Persiapkan Rencana dengan benar

Tujuan sudah ada, persiapkan rencananya. Bisnis yang dipersiapkan rencana perjalanannya  akan memudahkan Anda dalam menjalankannnya, karena kita sudah tahu langkah-langkah apa saja yang akan kita lakukan. Seperti menentukan modal kerja , SDM,, Pemasaran, dan lain sebagainya. Dalam ilmu ekonomi suatu perencannaan tergolong hal pokok. Jadi tidak boleh tidak. Nah Lho…!!! Terus ? Berarti Wajib? Ibarat kita akan bepergian menuju suatu tempat yang belum pernah kita kunjungi, tentunya kita mempersiapkan dan merencanakan perjalanan kita, Kemana tujuan perjalanan, bagaimana kita dapat menuju ke sana, kapan kita harus berangkat, kapan kita harus tiba, apa yang harus kita bawa. Begitu juga dengan bisnis,, tanpa perencanaan kemana langkah bisnis akan kita bawa, kita akan merasa sudah berjalan jauh yang sesungguhnya tidak pernah kemana-mana. 

Dengan membuat perencanaan bisnis kita tahu dengan benar, apa yang kita butuhkan berapa yang kita butuhkan dimana kekuatan kita, langkah apa yang harus kita ambil memiliki rencana bisnis juga meminimalisir ancaman masalah yang ditimbulkan. Sehingga kestabilan usaha nantinya akan tetap terjaga. Semua itu dibutuhkan dengan sebuah perencanaan bisnis ( Business Plan ).

Kelima, Survei Pasar  

Setelah Anda menentukan Ide dan Perencanaan. Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah lakukan  Survei pasar. dengan melakukan survey anda dapat memperbandingkan  factor-faktor yang nantinya dibutuhkan atau yang dapat mempengaruhi usaha Anda. Dengan  survey  pangsa Anda dapat menganalisa siapa pesaing anda, produk apa saja yang dapat bersaing. Jenis Usaha apa yang masih berpeluang dan juga Lokasi yang memungkinkan untuk bersaing. Dengan survey juga Anda bisa mengetahui bagaimana cara memasarkan jenis usaha anda. Karena dengan memaksimalkan kegiatan pemasaran produk atau jenis usaha anda akan lebih dikenal dimasyarakat. Dan Anda juga harus tau Target pasar dari bisnis dan produk Anda.

Keenam, Bangun Sistem

Seringkali kita mendengar membaca  sebuah ungkapan  bahwa jadi  pebisnis itu enak,bisa jalan jalan dan bisnisnya tetap jalan. Betul siih, tujuannya kondisi tersebut dong ya namun tentunya semua itu harus melewati proses demi proses agar suatu waktu bisnis yang sedang kita bangun dapat bertumbuh dengan baik . Pada tahapan kita membangun system  anda dapat menentukan SOP (Standard Operating Procedure ), buat sistem proses order, penjualan, penggajian karyawan, buat tim manajemen.

Ketujuh, Inovasi

Banyak pengusaha seringkali lupa ketika produknya merasa sudah menjadi yang terdepan dalam persaingan bisnis, padahal dunia bisnis bergerak sangat cepat, kompetitior semakin banyak bermunculan. Dalam dunia bisnis yang terus berinovasi yang akan memenangi pasar.

Kedelapan, Ciptakan Profit Penjualan 

Pada tahap ini kita fokus untuk meningkatkan keuntungan bisnis. Setelah banyak konsumen yang datang ke toko kita, saatnya kita meningkatkan keuntungan.

Tip:

– Perbesar margin keuntungan

– Buatlah konsumen membeli lebih sering

– Buatlah konsumen membeli lebih banyak

Kesembilan, Jadikan Karyawan sebagai Mitra Anda

Ingat bahwa bisnis Anda bisa hebat karena tim Anda. Oleh sebab itu sebagai seorang pemilik bisnis, luangkan  waktu Anda untuk mengembangkan kualitas tim yang Anda miliki saat ini. Arahkan mereka untuk mengeluarkan kemampuan terbaiknya, serta berikan kebebasan bagi mereka untuk mengembangkan diri tanpa melupakan tujuan perusahaan yang telah dituliskan bersama.Perlakukan karyawan layaknya mitra anda  Hal ini penting agar mereka menjadikan perusahaan Anda sebagai rumah kedua bagi mereka. Arahkan mereka untuk mencintai pekerjaan dan perusahaan, bukan hanya menjadi tempat bekerja, namun merupakan perusahaan bersama yang harus mereka besarkan.

Kesepuluh, Pengembangan

Tahap ini bisa kita jalankan ketika sistem sudah kita bangun. Proses pengembangan bisnis ada berbagai macam:

– Membuka cabang

– Membuka sistem kemitraan

– Membuka sistem waralaba

– Mencari ide bisnis baru

Kesebelas, Konsistensi dan Komitmen

Komitmen  terhadap tujuan yang telah ditetapkan Lakukan secara konsisten, Banyak pelaku usaha pemula menjalankan usahanya sebatas apa yang mereka ketahui, bahkan banyak juga sebatas mengisi waktu. UKM itu bukannya Usaha Kalo Mood looh, kalo mood bikin kalo mood hilang berhenti, kalau mood hasilnya baguskalau mood lagi hilang kwalitas produk berubah, hayoo siapa yang masih begini?

Berubah yaaa, walaupun usaha rumahan, miliki tujuan dengan jelas, komitmen dengan apa yang ingin kita capai dan konsisten dalam melakukannya.

Sumber: Buku Langkah Jitu Womanpreneur Community

Comments

comments

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *