Memilih Usaha Kuliner dan Menekuni Bidang Tersebut Selain Itu Juga Hobi!

“Memilih usaha dibidang kuliner karena saya menekuni bidang tersebut selain juga hobi. Dan sebagai manusia lumrah nya selalu membutuhkan makanan sehingga usaha dibidang ini cukup menjanjikan.”

Beliau bernama Ibu Vina Corvianty Erlyana merupakan Alumni IWPC batch 6 yang mempunyai usaha di bidang kuliner ‘Ardana Food’. Usaha ini pertama kali dimulai ditahun 2016 namun nama Ardana Food terlahir di tahun 2019. Omzet perbulanya kurang lebih 3 juta rupiah. Untuk prospek kedepan Ardana Food bisa memiliki toko offline dan menambah varian-varian produknya.

Produk-produk Ardana Food juga sudah bersertifikat halal, produk unggulan nya saat ini adalah bomboloni yang lahir ditengah pandemi covid-19 dan hingga kini sudah terjual lebih dari 1000 dus.

Ardana Food selalu menggunakan bahan baku premium demi kepuasan pelanggan. Selain itu produk-produk ardana food juga bisa di custom untuk dijadikan hampers acara-acara spesial. Untuk pemasaran ardana food masih secara online via Wa bisnis, Instagram, tokopedia.

Cara meminimalisir resiko komplain dari pelanggan dengan memiliki SOP agar kegiatan usaha dapat berjalan sesuai aturan yang di desain demi kemajuan usaha dan kepuasan pelanggan. Ibu Vina juga ingin membuktikan bahwa usaha yang dijalani serius dan juga bisa bermanfaat bagi orang sekeliling.

Namun ada satu hal kendala yaitu keterbatasan SDM sehingga untuk menjalankan nya masih sedikit sulit. Tapi, Ibu vina tidak menyerah karena, “setiap UMKM itu harus memiliki jiwa dan semangat komitmen untuk maju, meyakini bahwa usaha ini serius dan akan naik kelas. Selalu mau menerima masukan dari luar demi kemajuan usaha dan jangan pernah bosan untuk belajar.”

Dalam usaha juga kita akan banyak bertemu para UMKM lain kalau sedang mengikuti event, bisa saling bertukar pengalaman dan saling berkolaborasi sesama UMKM. Menarik bukan?

Ibu Vina kenal WPC tahun 2016, saat itu teman memperkenalkan dan langsung mengikuti kopdar bareng founder mami Irma, setelah itu semakin semangat dan yakin untuk ikut IWPC.

“IWPC adalah tempat pertama bagi saya belajar tentang ilmu wirausaha karena usaha itu gak hanya butuh ilmu hardskill saja tapi juga ilmu softskill serta relasi yang luas. Founder dan para mentor nya humble, bebas berkonsultasi meski diluar jam kelas, mau saling berbagi ilmu dan pengalaman nya buat para peserta.

Dan ada platform www.karyaperempuan.id sangat membantu terutama para jebolan IWPC untuk memasarkan produknya, jadi di WPC itu paket lengkap. Ada belajar nya bagaiman kita berusaha tapi di berikan jalan juga pemasaran nya.”

Prestasi/ pencapaian terbaik:

10 besar Alfamidi Womanpreneur tahun 2016

15 besar peserta incubator bisnis WPC angkatan 16 cirebon

Peserta program beli lokal kemenparekraf

Peserta program bedakan kemenparekraf

100 peserta terbaik program pendampingan usaha we learn Unwomen

100 peserta terbaik program Talenta Wirasusaha BSI

Sumber: Vina Corvianty Erlyana

Comments

comments

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *