Fokus layanan pelanggan, sudahkah bisnis kamu melakukan itu?

Karena layanan buruk yang dimiliki oleh sebuah usaha atau bisnis, lebih dari separuh pelanggan yang dimiliki bisnis tersebut akhirnya pergi dan tidak kembali. Bukan hanya sekadar terjadi, kenyataan itu sudah banyak dibuktikan dengan berbagai penelitian tentang bisnis.


Bahkan, sebuah penelitian secara gamblang ada yang mengatakan, ketika sebuah bisnis atau usaha memberikan satu pengalaman negatif ke pelanggannya, maka bisnis atau usaha tersebut butuh 10 pengalaman positif dari pelanggannya untuk menutupi hal tersebut. Agak sulit, bukan?

Patut selalu diingat, pelanggan setia bagi sebuah bisnis atau usaha itu adalah segalanya. Mereka akan memudahkan bisnis kamu. Bahkan kebanyakan bisa menularkan pengaruh positif lagi ke pelanggan lain dengan merekomendasikan bisnis atau usaha kamu secara gratis.


Inilah pentingnya menjadikan layanan pelanggan sebagai salah satu prioritas utama dalam berbisnis atau berwirausaha. Sekarang juga, mulai cek layanan pelanggan yang dimiliki bisnis kamu. Apakah sudah memberikan hal positif kepada pelanggan dengan memberikan yang terbaik?


Kalau perlu, coba bandingkan layanan yang kamu miliki dengan pesaing. Jangan segan keluarkan sedikit bujet untuk peningkatan yang dilakukan, misal memberikan pelatihan kepada karyawan.

Sumber:pintex.id

Comments

comments

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *