Beli barang mahal sekali atau beli barang murah berulang kali?

Pernah beli barang murah lalu menyesal setelahnya? Kalau untuk ini umumnya masalahnya di kualitas. Barang tersebut gak tahan lama, apalagi kalau penggunaannya terbilang sering. Kalau hal ini sering banget kamu lakuin, pernah gak menghitung total pengeluaran untuk gonta-ganti barang tersebut? Bisa jadi jauh lebih mahal daripada satu barang sejenis dengan harga lebih tinggi. Atau pernah beli barang dengan harga mahal lalu menyesal setelahnya? Penyesalannya bisa karena banyak hal. Bisa jadi kualitasnya gak seperti yang diharapkan atau yang kita lihat di iklan. Bisa jadi setelah itu teman memiliki barang serupa yang harganya jauh lebih murah. Bisa jadi gak lama setelah dibeli, ada sale dan harga barang tersebut jadi jauh lebih murah. 

Kalau begitu, ungkapan ‘ada uang, ada barang’ memang berlaku. Tapi, bukan berarti ini menjadi pembenaran untuk selalu membeli barang mahal, apalagi kalau ada yang lebih terjangkau dengan kualitas gak kalah bagus. Karena itu, pertimbangkan dulu beberapa hal berikut sebelum memutuskan untuk mengeluarkan uang lebih atau memilih yang lebih murah.

  1. Apakah barang tersebut sering digunakan?
  2. Apakah barang tersebut punya fungsi khusus?
  3. Apakah barang tersebut akan tahan lama?
  4. Apakah sesuai kebutuhan kamu?

Walaupun ada hal-hal yang harus dipertimbangkan, kamu tetap berhak untuk menyenangkan dirimu sesekali, apalagi kalau memang sudah menyiapkan budget untuk itu. Selama hal ini gak mengganggu arus kas kamu ya.

Sumber:https://www.jenius.com

Comments

comments

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *