Jenis Pelanggan Dalam Bisnis & Cara Menghadapinya

Ada tipe pelanggan yang hanya melihat-lihat saja hingga ada juga yang menjadi pelanggan setia. Setiap tipe pelanggan tentu saja akan berbeda cara menghadapinya.

Berikut adalah tipe-tipe pelanggan dalam bisnis:

Berdasarkan Sumber:

1. Pelanggan Eksternal.

Pelanggan dari masyarakat umum yang langsung menggunakan produk perusahaan. Contohnya ibu rumah tangga yang rutin berbelanja. Kunci menghadapi mereka adalah memberikan pelayanan terbaik agar tetap setia.

2. Pelanggan Internal.

Pelanggan dari dalam perusahaan yang membeli produk untuk dijual kembali. Mereka penting bagi perusahaan, sehingga perlu dukungan, seperti melalui sistem kerja efisien dan aplikasi CRM.

3. Pelanggan Perantara.

Konsumen yang mendistribusikan produk ke pelanggan akhir, berperan sebagai perantara. Mereka mendapat keuntungan dari selisih harga beli dan jual serta memberikan masukan untuk peningkatan produk.

Berdasarkan Tipe:

1. Ekspresif.

Mudah menunjukkan emosi. Cara menghadapi pelanggan tipe ini adalah menciptakan obrolan ringan dengan mereka, sebagai bentuk meningkatkan hubungan. Lakukan semuanya dengan santai, agar interaksi bisa berjalan dengan baik. 

2. Analis.

Mengutamakan kualitas dan pengambilan keputusan lambat. Cara menghadapi pelanggan jenis ini yaitu dengan menyediakan data-data produk secara akurat dan lengkap. Karena mereka tidak akan terkesan dengan kata-kata manis pemasaran, tetapi sebaliknya mereka akan lebih tertarik dengan penjelasan rinci berdasarkan data dan fakta yang ada. 

3. Suka Komplain.

Sering mengeluh. Dengarkan dengan sabar dan jaga sikap.

4. Dingin dan Agresif.

Sulit didekati. Tetap tenang, ramah, dan cari solusi yang cepat untuk masalah mereka.

Sumber: verihubs.com

 

 

Comments

comments

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *