Langkah-Langkah Menentukan Target Penjualan!

  1. Tuliskan omset atau pendapatan yang ingin anda raih dalam 12 bulan ke depan. Tujuannya supaya anda tahu berapa banyak penjualan yang harus anda lakukan setiap tahun.
  2. Tuliskan berapa banyak jumlah penjualan yang harus anda lakukan dalam setahun, untuk meraih target pendapatan yang telah anda tentukan sebelumnya.
  3. Untuk mendapatkan ide berapa nilai rata-rata penjualan anda, tuliskan (misalkan) jumlah nilai dari 20 penjualan terakhir anda, kemudian bagilah dengan 20. Ini hanya satu cara untuk mendapatkan rata-rata nilai penjualan anda, tetapi cara ini biasanya cukup akurat.
  4. Bagilah jumlah target penjualan setahun dengan 12. Anda akan mengetahui berapa target penjualan per bulan.
  5. Jika anda ingin menentukan target mingguan, anda hanya tinggal membagi target penjualan setahun dengan 52.
  6. Setelah anda menentukan target tahunan maupun bulanan, anda juga dapat merencanakan langkah-langkah apa yang akan anda kerjakan dalam rangka mencapai target tersebut, yaitu :

-Buatlah action plan. Tuliskan langkah-langkah apa yang akan anda kerjakan berupa action plan. Mungkin ada beberapa action yang akan dilakukan, putuskan mana yang paling memungkinkan untuk anda lakukan dengan hasil yang paling maksimal.  Anda harus merincikan langkah-langkah yang akan dilakukan dan membuat time frame kapan Anda akan melakukannya.

-Track progress. Ini sangat penting. Setiap action plan yang sudah anda buat, harus ada progress per hari. Sejalan dengan progress tiap-tiap hari, anda akan mengetahui apakah perlu mengambil langkah-langkah lainnya, dan apabila Plan A tidak dapat diteruskan maka anda dapat menjalankan Plan B.

-Libatkan orang lain. Sangat baik untuk melibatkan orang lain dalam proses penentuan dan pencapaian tujuan. Terima saran jika diperlukan.

-Belajar dari kesalahan. Jika anda belajar dari kesalahan dan terus melangkah, tidak ada yang dapat menghentikan anda dalam mencapai target. Kesalahan adalah hal yang wajar dalam menjalankan bisnis. Belajar dari itu.

-Bertahan. Anda perlu untuk bertahan, tidak gampang menyerah. Ada banyak cara untuk anda dapat mencapai target, cobalah  segala cara. Belajar dan tingkatkan kemampuan diri anda. Bersabarlah dan tetap bertahan sampai anda mencapai target.

-Rayakan keberhasilan. Rayakanlah keberhasilan yang telah Anda capai hari ini untuk mencapai keberhasilan selanjutnya. Anda semakin dekat dengan tujuan, nikmatilah moment tersebut.

-Jangan berpaling dari target. Jangan pernah berpaling dari tujuan, dari target yang hendak anda capai. Anda harus fokus pada target yang telah anda tentukan. Pada saat tidak fokus, anda tidak akan pernah dapat mencapainya. Tidak tercapainya target kemudian bukan dengan menurunkan targetnya tapi meningkatkan upaya anda, memperbaiki proses yang anda lakukan. 

Sumber : Naskah Lengkap Jalan Jitu WPC

Comments

comments

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *