Lima Jenis Karakter Pelanggan yang Umum dan Perlu Diketahui oleh Pelaku Bisnis

Pada dasarnya, terdapat berbagai jenis pelanggan yang dapat ditemui pada suatu bisnis. Setidaknya ada lima jenis karakter pelanggan yang umum dan perlu diketahui oleh pelaku bisnis. 

1. Pelanggan Pasif.

Pelanggan pasif adalah jenis pelanggan yang pernah atau sebelumnya kerap menggunakan produk dan layanan dari perusahaan Anda, tetapi kemudian berhenti. Keberadaan pelanggan pasif memang kerap terjadi, tetapi tidak berarti ketika mereka berhenti membeli. 

2. Pelanggan Potensial.

Pelanggan potensial adalah mereka yang belum menjadi pelanggan, tetapi telah mencari tahu dan mengumpulkan informasi sebelum mengambil keputusan untuk melakukan pembelian. Umumnya, ketika menyusun suatu strategi pemasaran, pelanggan potensial diklasifikasikan dalam kelompok terpisah dan dianggap sebagai bagian dari konsumen berprospek. 

3. Pelanggan Baru.

Pelanggan baru adalah mereka yang baru kali pertama menggunakan produk atau layanan dari perusahaan Anda. Oleh karena itu, tidak jarang mereka aktif berkomunikasi untuk mengetahui apakah produk atau layanan yang dipilih sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, pelanggan baru cenderung membeli dalam jumlah sedikit.

4. Pelanggan Impulsif.

Pelanggan impulsif adalah salah satu jenis pelanggan yang dapat Anda andalkan keberadaannya. Sebab, mereka dapat secara spontan dan tidak melalui proses berpikir panjang atau riset yang mendalam terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian. Hal ini salah satunya dapat terjadi apabila perusahaan menawarkan suatu keuntungan, seperti diskon, bundling, voucher, flash sale, dan gratis ongkos kirim. 

5. Pelanggan Loyal.

Pelanggan loyal merupakan prioritas dan fokus utama dalam suatu bisnis. Kemudian, dengan adanya pelanggan loyal, Anda dapat lebih mudah mengakuisisi pelanggan baru. Caranya adalah dengan penerapan word of mouth marketing atau merekomendasikan produk kepada orang sekitar. 

Sumber: ottopoint.id

Comments

comments

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *