Strategi untuk menangani keluhan atau komplain dari pelanggan, udah kamu coba terapkan?

Keluhan pelanggan memang tidak bisa dihindari. Tapi walaupun demikian, cobalah untuk tanggapi dengan positif dalam menghadapi keluhan apapun yang diberikan pelanggan.  

Berikut 5 strategi untuk menanggapi keluhan dari pelanggan, apa aja?

1. Tanggap menangani keluhan.

Berita negatif itu lebih mudah menyebar dibandingkan berita positif. Karena itu, merespon komplain dengan cepat bisa menghambat penyebaran berita negatif mengenai citra usaha kamu. 

2. Meminta maaf dan bersikap solutif.

Apabila ada salah satu karyawan di usaha kamu lalai dan menyebabkan kesalahan fatal, tidak ada pilihan lain selain mengakui kesalahan dan mendengarkan keluhan dengan tenang dan sopan. Selain itu, kamu juga perlu menawarkan solusi kepada konsumen tersebut. Jika pelanggan sudah memilih opsi solusi dari kamu, segera selesaikan masalah dengan tuntas, jangan hanya selesai pada janji semata.

3. Menjalin hubungan dengan pelanggan.

Saat memnbangun usaha, pelanggan merupakan kunci agar usahamu tetap bertahan. Libatkan mereka dalam proses perkembangan usahamu dengan mengajak mereka berperan aktif pada usahamu. Misalnya dengan bertanya tentang kualitas produk pelayananmu. Bisa secara langsung atau lewat survey. Jangan lupa untuk tetap ramah dan memberikan pelayanan yang baik. Tanyakan juga feedback dari kelanjutan komplain dan keluhan mereka. 

4. Jadikan komplain sebagai evaluasi.

Catat semua komplain atau keluhan pelanggan yang datang pada usahamu. Kemudian jadikan juga komplain tersebut sebagai bahan evaluasi untuk meningkatkan kualitas produk dan layanan yang kamu berikan.

5. Ulasan positif jika masalah terselesaikan.

Sudah berhasil mengatasi komplain atau keluhan pelanggan? Kalau memang sudah selesai, kamu boleh meminta ulasan positif dari mereka untuk mengembalikan citra usaha kamu. Selain itu agar pelanggan lain juga tahu bagaimana caramu mengatasi komplain pelanggan. 

Sumber: blog.qasir.id

Comments

comments

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *