Wedang Jahe Merah Mekar Wangi : Melestarikan Minuman Tradisional Empon–Empon yang Alami dan Sehat!

Rita Ayuwandari perempuan asal Tanjung Jabung Barat Jambi, yang memiliki usaha dengan brand Wedang Jahe Merah Mekar Wangi. Usaha yang sudah berjalan kurang lebih selama 6 tahun dengan omzet 15 – 20 juta/bulan.

Usaha ini berawal dari selain untuk membantu ekonomi keluarga, Ibu Rita Ingin melestarikan minuman tradisional empon–empon yang alami dan sehat khas Indonesia. “Bisa membantu orang lain meningkatkan ekonomi keluarga.” 

Wedang Jahe Merah Mekar Wangi terbuat dari ekstrak jahe merah asli segar dan alami tanpa campuran air dan bahan pengawet. Ditambah gula aren, gula pasir, dan rempah–rempah yang  berkualitas baik. Serta dikemas dengan kemasan yang higienis, menarik, cantik, dan mudah dibawa kemana.

Untuk prospek kedepannya, minuman Wedang Jahe tidak pernah lekang oleh waktu ataupun hilang, karena kecanggihan teknologi. Justru semakin canggih dunia teknologi, kita sebagai manusia semakin menjaga kesehatan tubuh dengan tetap membutuhkan  minuman–minuman sehat alami tanpa pengawet yang banyak khasiatnya untuk kesehatan tubuh dan memang sudah menjadi tradisi dari leluhur kita yaitu minuman empon–empon.

“Karena saya sendiri menyukai dan mengonsumsi minuman yang terbuat dari empon–empon terutama Jahe Merah yang banyak manfaatnya untuk tubuh kita, itu juga yang menjadi motivasi saya menjalankan bisnis ini,” tutur Ibu Rita.

Berani, pantang menyerah, kreatif, inovatif, dan produktif. Hal-hal tersebut yang diterapkan oleh Ibu Rita guna meningkatkan kinerja bisnis UKM. “Sejak menjalankan bisnis Wedang Jahe Merah Mekar Wangi ini saya lebih bisa mengenali, memahami karakter diri sendiri dan orang lain. Saya dipaksa berani menghadapi tantangan dan resiko apapun, saya dipaksa harus selalu aktif, kreatif, inovatif dan produktif jika ingin bertahan dan berhasil. Dan saya bisa merasakan kebahagiaan tersendiri ketika bisa membantu terutama orang–orang yang terlibat dalam usaha saya, yang bisa juga meningkatkan ekonomi keluarga mereka.”

Seperti bisnis lainnya, tentu ada kendala yang harus dihadapi oleh pelaku bisnis. Dan kendala yang dihadapi oleh Ibu Rita adalah di bagian pemasaran yang lebih luas dan besar. Untuk pemasaran produk Wedang Jahe dengan tetap menjaga kualitas dan kuantitas produk. Tetap promosi produk online/offline. Selalu memberikan tester gratis di setiap acara promosi di acara pameran ataupun Bazar atau pun acara–acara pemerintahan. Untuk meminimalisir komplain dari customer, selalu menjaga kualitas produk (bahan baku, produksi, dan packaging) dan kualitas owner maupun karyawan.

Awal mula mengenal Womanpreneur Community yaitu adanya kunjungan langsung WPC ke desa Ibu Rita yang di sponsori PT. WKS APP Sinarmas. Manfaat dan dampaknya bagi bisnis, “Sangat membantu saya dalam mengelola dan mengembangkan usaha saya dari mulai menghitung HPP sampai pemasaran secara online, dan banyak lagi wawasan maupun trik–trik yang bisa saya dapatkan dari mentor–mentor IWPC maupun dari narasumber lainnya untuk kemajuan usaha saya. IWPC Sangat berkualitas, bermanfaat, dan bersahabat.” Karyaperempuan.id, sebuah wadah yang bisa mengedukasi dan membantu memajukan UKM perempuan Indonesia.

 

Comments

comments

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *