Mengapa setiap merek butuh target audiens?

Mengapa merek butuh branding?

Apa yang harus dilakukan kepada audiens? Bagaimana cara melakukan branding?

Mungkin semua itu banyak ditanyakan oleh Anda yang baru memulai bisnis.

Lantas apa jawabannya.

branding, strategi pemasaran, tips bisnis

Sebenarnya ketiga hal di atas saling berkaitan. Merek butuh audiens untuk kegiatanbrandingnya, dan branding ini tak akan jalan tanpa target audiens yang jelas. Branding sendiri merupakan langkah untuk mengokohkan identitas merek di mata khalayak yang tentunya adalah audiens Anda.

Identifikasi

Langkah pertama yang patut Anda lakukan adalah dengan memastikan, bahwa Anda benar – benar paham target audiens Anda. Bukan hanya siapa mereka, tapi juga apa yang membuat mereka bergerak.

Beberapa pemasar menghabiskan banyak waktu, tenaga, dan uang untuk mengidentifikasi siapa yang paling cocok untuk merek mereka dan bagaimana cara membangun sebuah experience untuk pelanggan tersebut. Tujuannya adalah untuk mendapatkan loyalitas konsumen.

Interaksi

Interaksi kepada orang lain merupakan dasar bagi Anda untuk memperkenalkan sebuah produk. Maka dari itu, sangat penting untuk melihat respon orang yang Anda ajak bicara. Apa yang ia katakan, bagaimana ekspresi serta sikapnya, beberapa hal itu cukup penting sebagai bahan informasi Anda dalam membangun merek.

Tidak hanya itu, membangun sebuah ikatan yang kuat dengan menempatkan kebutuhan serta keinginan mereka sebagai yang utama juga perlu Anda terapkan. Mengapa? Teori mudahnya adalah, bila Anda meletakkan kebutuhan bos Anda sebagai yang utama, karir Anda di perusahaan pasti akan bersinar. Bila meletakkan kebutuhan teman/keluarga, maka mereka akan selalu ada untuk Anda. Sementara bila kepentingan tim yang Anda utamakan, maka tim akan selalu siap dengan kebijakan yang Anda berikan. Dan bila Anda meletakkan kebutuhan konsumen sebagai yang utama, Anda bisa menjawabnya sendiri bukan?

Berpikir seperti produk baru pada perusahaan besar

Apa kira – kira yang akan dilakukan oleh perusahaan besar ketika meluncurkan produk baru? Mereka pasti langsung memperkenalkan produknya, menjalankan promosi, membuat halaman di media sosial (Facebook, Twitter, dan kawan – kawannya), tujuannya adalah agar audiens bisa terlibat.

Perusahaan besar selalu memberi dan memberi. Setelah ada orang yang sekiranya aktif, merek lalu menariknya sebagai duta, untuk menjaga loyalitas konsumen lain dan mempromosikan merek kepada orang lain.

Anda memang tidak bisa menyenangkan setiap orang sepanjang waktu, tapi membuat merek Anda dikelilingi oleh orang – orang yang mendukung Anda akan jauh lebih baik.

 

Semoga bermanfaat

 

Comments

comments

Share