womenpreneur,komunitas wirausahaIni kisah tentang kehidupan wanita, yang sebagian besar berprofesi sebagai ibu rumah tangga. Sebagai ibu rumah tangga, wanita berada pada posisi yang sangat rentan dalam hal kemandirian ekonomi. Semua tergantung suami, kepala keluarga.

Namun lacur, jika suami tak dapat memberikan kewajiban ekonomi yang memadai. Jika tanggungjawab suami sebagai pencari nafkah tak dapat diandalkan, wanita adalah sekoci bagi kapal induk keluarga. Sebagai sekoci tentunya wanita harus mampu mempersiapkan dan memastikan agar sekoci selalu siap pakai apapun situasi yang terjadi.

Pengantar ini dikemukanan oleh Irma Sustika, pendiri komunitas wanita wirausaha di laman websitenya, Womenpreneur Community. Wanita single parent ini merasakan bagaimana ia berjuang menjadi ‘sekoci’ yang harus menyelamatkan ekonomi keluarga.

Ia tak ingin pengalamannya terulang, dan atas inisiatifnya dibentuklah Womenpreneur Community, sebuah komunitas tempat berbagi dan belajar tentang kewirausahaan bagi para wanita.

Komunitas Womenpreneur, untuk meningkatkan semangat wirausaha dan menumbuhkan wirausaha wirausaha baru bagi anggotanya, yang semuanya adalah wanita ini, ingin mempersiapkan para wanita-wanita Indonesia untuk menjadi bumper dan sekoci bagi perekonomian keluarga.

“Kami bukan hanya melatih ‘para sekoci’ menjadi wirausahawan, tetapi menjadikan mereka benar-benar menjadi wirausahawan sukses, menjadi penopang ekonomi keluarga serta mampu menguatkan bergeraknya ekonomi masyarakat di Indonesia,” ujarnya.

Bagi Irma Sustika, menyiapkan ibu rumah tangga menjadi wirausahawan sukses bukanlah kemustahilan. Langkah-langkah itu sudah ia siapkan jauh hari, dan sudah terlihat hasilnya.

Banyak Dukungan

Untuk menggairahkan kegiatan pengembangan kewirausahaan, Komunitas Womanpreneur beberapa kali mengadakan Inspiring Womanpreneur Competition, saat ini sudah dilakukan yang ketiga kalinya, dan penyelenggaraannya dilakukan di Surabaya dan dilakukan dalam rangkaian kegiatan selama 3 bulan.

Menurut Irma, Program Inspiring Womanpreneur Competition ( IWPC ) adalah merupakan program Inkubator bisnis dalam balutan konsep kompetisi bisnis yang kami berikan kepada para anggota kami untuk mampu melangkah menjadi seorang womanpreneur tangguh yang memiliki mental dan karakter kuat, ilmu dan skills bisnis yang diberikan oleh para mentor mentor dari para praktisi bisnis dan juga bisnis coach, dan juga akademisi.

“Melalui program pelatihan, mentoring dan pendampingan bisnis ini kami berharap peserta dapat meningkatkan kemampuan dirinya dalam menjalankan dan mengembangkan usaha kecil yang mereka jalankan agar memiliki nilai tambah dan mampu bersaing dalam menghadapi pasar Global dan juga merupakan bagian dari rangkaian kampanye program Womanprenur Community untuk menciptakan lahirnya 1000 womanpreneur womanpreneur baru,” cetusnya.

Sumber Majalah wirausaha Keuangan

Comments

comments

Share