ira aira 7  ira aira 3

Assalamualaikum wr wb, selamat malam kepada teman WPC seluruh Indonesia, matursuwun kepada mamih irma yg sudah memberikan waktu utk berbagi cerita padahari ini, sharing2 ringan ajah ya…karena saya baru lulus tahun ini jadi masih jauhlah kalau dibandingkan dengan kakak2 senior yg udah keceh2 usahanya. Perkenalkan nama saya Ira Aira brand saya kafe Aira selat solo, usia saya sampai hari ini 50 th, usia yang tidak muda lagi untuk merintis suatu usaha, tetapi saya mempunyai semangat utk belajar menimba ilmu dari siapapun yg lebih berhasil dan sukses untuk mengembangkan usaha saya agar bermanfaat bagi keluarga dan orang lain. Hoby saya sejak remaja berdagang, saya menjual apa saja sesuai dengan permintaan dan kebutuhan pembeli, karena hoby itulah saya pernah bekerja dipasar swalayan sebagai purchasing bagian fashion dan assesories. Pada th 2001 saya resign . Dari pengalaman kerja akhirnya saya membuka butik sendiri. 15 th saya menjalani usaha ini seperti jalan ditempat tampa ada perkembangan yg signifikan dan tampa ada tantangan.

Kemudian pada th 2015 saya membuka kafe, terinspirasi dr catering mertua di Solo. Saya mengadopsi beberapa menu dari resep mertua yg saya terapkan di kafe saya, tetapi hasilnya pun belum memuaskan seperti yang saya harapkan.
Namun saya masih berusaha untuk mengembangkan usaha saya sehingga saya mencari informasi tentang pengetahuan yang sekiranya menunjang usaha saya agar bisa berkembang. Naaah pada th 2017 inilah saya bergabung dengan iwpc9 dengan harapan bisa membuka mata pikiran dan wawasan tentang bisnis saya. Di iwpc inilah barulah saya menemukan dunia usaha yang begitu penuh tantangan dan banyak ilmu bisnis yang ternyata belum saya ketahui. Salah satunya yang terpenting dan langsung saya terapkan adalah kita harus fokus dengan usaha kita, dari ilmu inilah maka saya harus tega memutuskan hubungan dengan beberapa usaha yang sudah saya jalani salah satunya dengan menutup butik.

ira aira 1  ira aira 2ira aira 6

Kafe Aira Selat Solo mempunyai konsep nuansa jawa yg homy dengan makanan khas Solo antara lain selat solo, sup matahari, sosis solo, timlo solo dan bestik solo. Kelebihan produk saya menggunakan sayuran organik dan hidroponik yg bebas pestisida sehingga aman dikonsumsi. Menggunakan bahan yang berkualitas dan meningkatkan keawetan makanan dengan cara divakum.
Untuk menarik konsumen yg datang kekafe, saya menyediakan spot spot untuk foto (instagramable) dengan interior gebyok, taplak dari batik, meja dan kursi dari kayu yg saya desain dengan keramik batik.

Ternyata usaha saya ini tidak sia sia, selama delapan bulan yg dimulai sejak saya mengikuti iwpc, usaha saya mengalami perkembangan yg pesat dan luar biasa. Pelanggan saya rata rata dari media sosial yang sebelumnya belum pernah saya kenal. Dari sosmed inilah banyak pelanggan yg datang buat arisan, meeting, gathering dengan jumlah antara 15 sampai 40 org, karena kapasitas yg tidak memenuhi maka dari satu ruangan saya tambah menjadi tiga ruangan. Dari masalah maka timbullah inovasi dari pelanggan yg ingin membawa oleh2 sosis solo keluar kota saya akali dengan cara divakum, dari inovasi inilah alhamdulillah dengan campur tangan Allah SWT saya terpilih menjadi juara satu di iwpc9 dengan progres terbaik.

Dari situlah saya semakin yakin ternyata suatu usaha itu harus bertumbuh dan berkembang, dengan cara mengetahui dan menguasai ilmu2nya, komitmen, disiplin dan yg terpenting kita harus fokus, jangan pernah berhenti berinovasi untuk menciptakan sesuatu yang unik. Saya rasa cukup sekian matursuwun sudah meluangkan waktunya untuk membaca cerita saya
Wassalammualaikum wr wb.

Tanya Jawab

T Brp bisnis sebelumnya maaak ? Trus waktu ditutup” in gmn tuh..ngambil keputusan cm 1 bidang bisnis ..

J Ira Aira Qiqiiiqi buanyaaaak banget, dari asesories, kue, baju, tas branded …

T

Irma Sustika Critaiiin dong knp akhirnya nekaaaat..semua dioutusin.. talak 3 …wkwkkkkk

 

 

Ira Aira Ternyata mikir dan cari target dan pemasarannya beda2 akhirnya capek sendiri dan hasilnya jg klo digabung dgn yg satu usaha sama aja malah lebih ngomzet sekarang

Irma Sustika Ira Aira woooow..ternyata omzet sekarang udah lebih gedee dari gabungan omzet palugada sebelumnya yaaak..mantaaf

Ira Aira Yaa itu tadi mih, saya ingin dikenal dgn satu brand yg kuat yg mempunyai arah dan tujuan mau dmana kemanavbrand saya

Ira Aira Seperti sosis solo awalnya 300 -500 sebelum okut iwpc sebulan… Sekarang hampir 2000 perbulan saya ga pernah menyangka pola hidup saya akan berubah dr yg ga biasa pagi2kerja… Subuh dah bangun nyiapin orderan pokoknya awal2 menderita skali.. Tp skarang sop harus jalan, pekerjaan udah aga ringan

 

Irma Sustika Ira Aira weeeeeeh 2000 sebulan ..mantaaaab bentar lagi 10 ribu yaaa nek ira ..amin

Ira Aira Aamiin mih inshaa Allah mau buka reseller dibekasi tahun depan kejar target lebih dr 5000

Irma Sustika mantaaaaaf ….
Nani Rahyuni Ardinegoro Sepertinya saya harus belajar buanyak selain dg mam Irma Sustika juga dg jeng Ira Aira… cara memutuskan 1 macam usaha (hm hm) bantu ya mamiiii

Ira Aira Saya ambil satu bidang bukan keputusan yg gampang saya harus menangis 2 hari 2 malam melepas yg saya cintai selama 15 th, hehee karena saya tipe org setia halaaaahh ..tp memang saya harus fokus fokus dan fokus

Ira Aira Dan akhirnya saya mengambil kafe selat solo karena peluang selat solo disemarang blom banyak yg menghidangkan dan mengembangkan khusus makanan selat solo dalam satu konsep kafe yg terintegrasi dengan interior budaya jawa

Tya Arry Neneeek Ira Aira berarti kafe selat solo ini mulai nya dr tahun 2015 ya? Itu dr tahun 2015 sampai sebelum iwpc 9 kemarin gimana perkembangannya? Menurun, tetap, atau naik turun naik turun cantik?

Ira Aira Yaa blom memuaskan mb tya karena kafe saya pada awalnya ga punya konsep, kemasan jg ga menarik, logo masih ganti2 hadeew klo tau ilmunya maluu pingin ngekek, klo sekarang setiap minggu sudah ada yg booking buat arisan rapat, kadang2 full seminggu saya harus atur jadwal, jgn sampe mengecewakan pelanggan…intinya klo kita aktif disosmed penjualan kita jg akan ngomzet kok
Tya Arry Nenek, tanya 1 lagi.. Pengalaman dg jualan berbagai jenis barang, kenapa saat iwpc kok ga pilih bisnis fashion yg udah 15th dijalani?
Pdhl mgkn lebih enak kan krn punya pengalaman 15th di dunia fashion drpd selat solo yg baru 2th..
Ira Aira Naahh ini yg sll ditanyakan mb ary, padal saya cinttaaaa bgt didunia fashion
Ira Aira Saya ambil kafe karena saya suka tantangan, suatu usaha yg sebelumya saya buta didunia kuliner dan sayah tidak bisa masak hahahahaa…
Ira Aira Saya terinspirasi katering mertua disolo, saya mencoba masakan buat gedung atau praamanan org punya gawe saya terapkan dikafe ternyata org bisa menerima masakan saya, untuk kebutuhan seperti arisan pengajian dll yg selama ini menu semarang rata2 bakso dan soto, dari kebutuhan dan permintaan pembeli itu saya buka kafe yg berkonsep nuansa jawa yg homy

Tya Arry Huuuhaaaahhh..

Jd mikir lebih keras.. Krn saya juga skrg ini sedang melakukan tantangan baru..See

Ira Aira Aamiin… Harus semangat mb tya… Semangat membela yg bayar hahaaa…tdk hanya value ajah mba, bidik costumer dgn jelas, produk unik memberi manfaat, promosi nya mba manfaatkan sosmed, dan fokus… Hehee drtd otemu fokus mulu yaa..
 

Comments

comments

Share