hot.liputan6.com

Rahasia Bisnis dari Orang-Orang Sukses

Terkadang, ide pertama bisnis bisa gagal

Pahami dengan baik bahwa ide bisnis, sekreatif apa pun rancangan yang kita buat, itu tidak akan berhasil 100 persen. Pahitnya, bisa saja bisnis kita itu gagal. Jadi, saat baru memulai sebuah usaha dan mengimplementasikan sebuah ide dan gagal, kita jangan mudahmenyerah. Cari lagi ide-ide lainnya yang bisa kita terapkan atau perbaiki jadi lebih sempurna lagi.

Bisnis membutuhkan kerja keras dan pengorbanan lebih dari yang apa yang bayangkan

Jangan menganggap kita masih muda dan punya modal berlebih, lantas membuat bisnis kita langsung sukses begitu saja, tanpa ada pengorbanan di baliknya. Kita harus mendedikasikan waktu, tenaga, dan pikiran dalam bisnis tersebut.

Mengorbankan banyak hal untuk membuat bisnis menjadi sukses

Bisa jadi waktu bersantai kita berkurang drastis, bahkan tak ada waktu saat awal mula membuka bisnis. Selain itu, kita juga harus mengalah dan tegas dengan diri sendiri untuk mengurangi waktu bermain, berkumpul bersama teman, demi mengelola dan fokus mengembangkan bisnis.

Kitalah yang wajib menjadi pencoba pertama dari bisnis yang kita jalankan

Jika kita belum mencoba produk / jasa yang kita tawarkan kepada pelanggan, tentu kita harus menoba terlebih dahulu. Karena produk tersebut akan dipasarkan, maka kita harus mengetahui bagaimana produk/ jasa yang kita buat.

Belajar untuk berkata tidak dan selektif dalam mengambil tindakan

Jangan hanya karena berteman, kita menjadikan orang tersebut sebagai salah satu supplier, apalagi jika harganya lebih mahal atau kualitasnya tak begitu bagus. Kita harus pintar-pintar dalam mengambil langkah dalam berbisnis. Setiap penawaran yang masuk, baik itu dari teman atau pun lainnya, harus kita nilai dengan adil.

Wajib mencintai apa pun bisnis yang kita bangun

Waktu kita akan tersita habis untuk mengelola bisnis tersebut. Jadi jangan sampai merasa terbebani. Kita harus bisa menikmati waktu dan bisnis tersebut. Jika selalu terbebani, bisnis pun tidak akan bisa maju.

Sumber:idntimes.com

Oleh:Megan Faustine

Comments

comments

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *