balipost.co.id

Media Partner

Media partnership adalah kerjasama yang terjalin antara penyelenggara event dengan media baik TV, radio, media online, maupun cetak. Selayaknya sebuah kerjasama, hubungan ini harus saling menguntungkan. Artinya yang harus diuntungkan dari kerjasama adalah dua belah pihak yaitu media partner dan pihak penyelenggara acara dan bukan cuma hanya satu pihak saja yang diuntungkan. Pihak penyelenggara event diuntungkan melalui meningkatnya kredibilitas acara yang sedang mereka adakan. Hal ini dikarenakan dengan adanya media partner, acara yang diadakan tersebut dapat dinilai berkualitas dan lebih layak untuk dikunjungi oleh banyak masyarakat. Sedangkan pihak media mendapatkan keuntungan karena dapat meliput kegiatan tersebut secara eksklusif dan dapat mereka jadikan sumber pemberitaan yang berkualitas.

Langkah-langkah untuk mendapatkan media partner:

Pilihlah media partner yang cocok dengan acara yang diadakan

Media massa memiliki banyak jenis yang beragam dan semua media itu dapat diajak bekerjasama untuk menjadi media partner atas acara yang akan diadakan. Media tersebut meliputi media digital, media cetak, dan media elektronik. Lalu bagaimana menentukan media partner yang pas dengan acara tersebut? Faktor pertama yang perlu kita garis bawahi sebelum bekerja sama dengan media partner adalah cari tahu siapa audiens masing-masing media tersebut. Audiens yang ada meliputi anak-anak, remaja, dan orang dewasa atau pria dan wanita.

Siapkan anggaran dengan bijak

Ingatlah, tidak semua perusahaan media mau bekerja sama dengan penyelenggara acara secara cuma-cuma alias gratis. Artinya, kita selaku penyelenggara acara perlu mempersiapkan dana untuk bekerja sama dengan media partner yang dibidik. Di saat media partner melakukan peliputan suatu acara yang kita adakan, maka hal ini tentu membutuhkan biaya operasional. Biaya operasional ini tentu tidak bisa didapatkan secara gratis, maka konsekuensinya pihak penyelanggara acara bertanggung jawab untuk menyiapakan anggaran untuk pihak media partner. Belum lagi jika acara yang diadakan memiliki skala yang luas, tentu biaya yang perlu kita persiapkan akan lebih besar dibandingkan dengan acara yang memiliki skala yang lebih kecil.

Buatlah proposal sebelum bekerja sama

Jika benar-benar ingin bekerja sama dengan pihak media partner maka kita perlu mempersiapkan proposal dengan baik. Perusahaan media apapun bentuknya sering kali mendapatkan tawaran kerja sama dengan berbagai pihak. Sehingga setiap hari, ada ratusan proposal kerja sama yang akan diterima oleh pihak Marketing Communication. Mereka tentu akan menyeleksi setiap proposal yang masuk dan pastinya proposal yang akan lebih dilihat adalah proposal yang menarik untuk mereka baca, bukan proposal yang asal jadi dan sembarangan. Bahkan, pihak media partner dapat dengan mudah menyeleksi setiap proposal, mana yang memiliki kapasitas yang besar dan kapabilitas hanya dengan melihat proposal sekali saja. Maka dari itulah, kita selaku penyelanggara acara harus mulai membuat proposal kerja sama dengan semenarik mungkin.

Sumber: eventkampus.com,highlight.id

Comments

comments

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *