Kepuasan Pelanggan Vs Kualitas Produk

Seiring dengan kemajuan teknologi yang semakin berkembang,membuat para pelaku bisnis lebih memacu diri dalam menghasilkan produk yang dapat diterima dan dipergunakan oleh konsumen. Hal tersebut menyebabkan semakin banyak produk yang dipasarkan harus mempunyai banyak keunggulan sehingga dapat memudahkan konsumen sebagai pemakai produk. Tak dapat dipungkiri bahwa persaingan dalam dunia bisnis semakin ketat, yang mana bisa dilihat dengan semakin banyaknya produsen yang terlibat dalam pemenuhan harapan, kebutuhan dan keinginan konsumen. Sebagai pelaku usaha, kita harus bisa menempatkan orientasi pada kepuasan pelanggan sebagai tujuan utama.

Semakin banyaknya usaha yang menawarkan produk dan jasa, maka konsumen memiliki banyak pilihan dalam memilih. Hak-hak konsumen pun mulai mendapatkan perhatian besar, terutama yang berhubungan langsung dengan pemakaian barang atau jasa tertentu. Suatu usaha tidak akan bertahan tanpa ada konsumen yang mempergunakan atau memakai produk yang dihasilkan, untuk itu dengan adanya peningkatan mutu dari produk harus berdasarkan kepuasan pelanggan. Dengan mengetahui kepuasan pelanggan maka barang atau jasa yang diproduksi memiliki nilai lebih, karena lebih diminati konsumen sebagai pemakai produk tersebut.

Ada beberapa unsur yang penting didalam kualitas yang ditetapkan pelanggan yaitu :

1. Pelanggan merupakan prioritas utama dalam usaha, kelangsungan suatu usaha tergantung pada pelanggan.

2. Pelanggan yang royal akan membeli berkali kali dari produk atau jasa yang sama.

3. Kepuasan pelanggan dijamin dengan menghasilkan produk berkualitas tinggi.

Pada dasarnya tujuan bisnis adalah untuk menciptakan dan mempertahankan para pelanggan, perhatian terhadap kepuasan maupun ketidakpuasan pelanggan adalah faktor penentu suatu usaha bisnis.

Sumber:www.kompasiana.com

Comments

comments

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *