AIDA Model yang Perlu Diketahui Seorang Marketer

Dalam menjalankan proses marketing, marketers menggunakan beragam model untuk menjangkau audiens nya. Salah satu model marketing yang dulu sering digunakan adalah model AIDA. AIDA adalah sebuah formula marketing yang dapat digunakan sebagai bahan analisa dan acuan dalam perencanaan iklan. AIDA juga bisa dijadikan sebagai alur interaksi antara produk atau jasa yang dijual dengan pelanggan. Mulai dari bagaimana calon pelanggan tertarik dengan suatu brand, sampai pelanggan melakukan action untuk membeli produk/jasa yang dijual brand tersebut.

Attention

Hal pertama yang perlu di lakukan seorang marketers untuk mengenalkan brand nya adalah melalui perhatian. Semakin bisa kita menarik perhatian audiens, maka akan semakin booming brand yang kita pasarkan.

Interest

Perhatian yang muncul pada audiens akan berdampak terhadap sebuah iklan. Dimana selanjutnya akan berpengaruh pada ketertarikan pada iklan atau brand yang sedang di pasarkan.

Desire

Iklan yang mempunyai daya tarik kuat akan menarik minat audiens dan menimbulkan rasa penasaran yang berakibat audiens akan ingin mengetahui lebih jauh tentang iklan atau setidaknya membuat audiens menyediakan waktu untuk menyimak iklan.

Action

Setelah mendapat respon dari audiens mulai dari atensi, minat serta hasrat terhadap suatu iklan. Akan membawa audiens ketahap terakhir, aksi disini berarti audiens akan secara langsung berhubungan dengan pesan yang disampaikan iklan.

Sumber: khairil.web.id

Comments

comments

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *