BISNIS ONLINE bisnis menjanjikan juga Menyenangkan

Banyak email dan inbox masuk dengan pertanyaan yang sama ke gw
“skarang lo bisnis online, emang rame? ko bisa? semoga sukses deh yaa……setelah lama, mulai muncul pernyataan, bisnis lo rame juga yaa… ajarin donk…gimana sih caranya.. hehehehe… PERNYATAAN yang gw suka! sekaligus bikin tambah kerjaan buat gw…

Share sedikit, bagi sebagian besar masyarakat kita, bisnis online masih merupakan hal baru, dan sebagian besar akan terkagum – kagum dengan ide tersebut. Sebagian lagi akan mencobanya, dan sisanya akan skeptis terhadap jenis usaha ini.

Sebetulnya bisnis online bukanlah sesuatu yang terlalu baru. Sudah banyak orang yang menggunakan penjualan katalog, maupun penjualan brosur sebelumnya. Hanya kini dengan adanya media internet, penjualan dengan cara tersebut diubah menjadi online yang jauh lebih memudahkan baik si penjual maupun pembeli.

Memang ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk terjun ke bisnis online, namun hampir 80% jenis usaha yang saya temui, amat memungkinkan untuk dibuat sebagai bisnis online, atau paling tidak media internet dapat membantu menyokong bisnis offline nya itu sendiri.

PERTIMBANGAN SEBELUM MEMULAI BISNIS ONLINE

Beberapa hal yang dapat dipertimbangkan sebelum memulai bisnis online adalah…

* Apakah jenis produk atau jasa yang ingin anda jual?
* Apakah jenis produk atau jasa tersebut memungkinkan untuk dipromosikan ataupun dijual via internet?
* Apakah anda membutuhkan sekedar company profile, katalog, atau benar – benar penjualan secara online?
* Apakah anda berniat menjadikan bisnis ini sebagai sampingan atau bisnis utama?
* Apakah anda memiliki komputer dan akses internet?
* Apakah anda terbiasa dengan teknologi dan internet?
* Apakah anda terbiasa dengan situs – situs dan cara pemasaran maupun promosi melalui internet?
* Apakah melalui internet, proses penjualan, marketing, dan promosi untuk produk dan usaha anda jadi lebih kompetitif baik dari segi harga, usaha, waktu, dan hasil?

Dari beberapa pertanyaan di atas, anda akan segera mendapat gambaran secara kasar, mengenai apakah anda akan menjadikan bisnis ini sebagai fokus utama atau sampingan, apakah anda akan membuat situs usaha sendiri atau mengikuti situs usaha yang sudah berdiri lama, hingga jenis situs, proses pemasaran, dan perkiraan hasil yang anda inginkan.

Setelah berhasil merumuskan beberapa hal utama tersebut, anda bisa mulai ke bagian detailnya. Dari perhitungan modal, perhitungan bahan baku produk, lama waktu produksi, dan lainnya yang akan menentukan apakah penjualan secara online akan kompetitif bagi produk atau usaha anda.

Satu yang pasti, memiliki bisnis online tidak terlalu berbeda dengan bisnis offline biasa. Dibutuhkan kesabaran, ketekunan, perjuangan, dan modal yang hampir sama besarnya. Jadi, sekali anda memutuskan untuk mencoba usaha atau bisnis online, bersiaplah untuk banyak belajar dan jangan mudah menyerah. 🙂

Itu adalah beberapa gambaran singkat dari saya. Apa ada yang bisa menambahkan tips – tips atau hal – hal lain yang patut dipertimbangkan sebelum memulai bisnis online?

best regards
Elida Veronica

noted:
Bruntung deh kami baca tulisan ini
sapa tau rejeki mu dari ONLINE juga
good luck yay
smoga tambah semangat dear!

 

Sumber

Sahabat Woman Preneur COmmunity

Elida Veronica, Owner Everlasting Batik.co.id

Comments

comments

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *