Bunga Tekan Karawang, Ramah & Peduli Lingkungan: “Sesuai Hobi dan Kecintaan Terhadap Seni.”

Sanih Supriatin perempuan asal Karawang, berawal dari mengikuti pelatihan di program pemberdayaan perempuan yang diadakan di Desa yaitu pelatihan kerajinan khas jepang Oshibana (bunga pres/tekan) pada tahun 2011 dan akhirnya merasa sesuai dengan hobi pada akhirnya mulai ditekuni tahun 2016 hingga sekarang.

Karena kecintaan terhadap seni hingga akhirnya mencari inspirasi, variasi, tekhnik lewat sosial media dan youtube. “Belajar tahun 2011 pameran pertama tahun 2012, mulai menekuni dan serius baru 8 tahun.” tuturnya. 

Motivasi menjalankan usaha ini karena sesuai hobi dan kecintaan terhadap seni, produk fleksibel bisa menyesuaikan kebutuhan pasar/pelanggan, bahan baku mudah didapat. Walaupun saat ini kendala yang dihadapi oleh Ibu Sanih Supriatin adalah agak susah mendapat pegawai yang terampil.

BUTEKA (Bunga Tekan Karawang) ramah lingkungan karena berbahan dari alam, menggunakan kemasan yang ramah lingkungan, bisa menyesuaikan kebutuhan pelanggan seperti harga atau model. Omzet dari usaha ini sendiri yaitu 9–10 juta/bulan.

Banyak jenis dan variasi ada home decor dan aksesoris berbahan dari alam yaitu bunga, daun, rumput liar yang dikeringkan dengan metode pres menjadikan produk Buteka sangat ramah dan peduli lingkungan.

Pemasaran Buteka sendiri dari online melalui tiktok dan IG, offline yaitu pameran, konsinyasi, workshop/ngajar. Prospek kedepannya mengikuti tren atau kebutuhan pelanggan dan mengenalkan seni merangkai bunga kering ke masyarakat dan usia sekolah lewat pelatihan-pelatihan.

“Bisa berbagi ilmu saat pameran dengan mengadakan mini workshop, bisa bertemu dan memberi sambutan langsung dengan ibu Menteri Linda Agum Gumelar dan menteri-menteri lainya saat undangan event, shooting di TV one untuk Coffee Break dan diliput TVRI untuk Paten. Mendapat penghargaan dari Bupati Karawang untuk Ekonomi kreatif.” tuturnya.

Menampilkan ciri khas dan keunggulan produk. itu yang dilakukan Ibu Sanih Supriatin selain itu juga selalu ramah melayani pelanggan termasuk menerima kritik, saran, ataupun komplain dengan memberikan garansi atau gratis perbaikan untuk waktu tertentu atau membuat konten penjelasan terkait komplain tersebut. Hal tersebut guna untuk meminimalisir resiko komplain dari customer.

Awal mula mengenal Womanpreneur Community ikut inkubasi yang didaftarkan oleh Sinarmas. Dampak dan manfaatnya yaitu membuat produk lebih layak untuk dipasarkan, mengenal produk dan mengenal pelanggan, alur bisnis jadi lebih tertata. Mencetak pebisnis-pebisnis yang keren dengan mentor-mentor yang luar bisa mudah dimengerti, tegas dan friendly.

Karyaperempuan.id www.karyaperempuan.id programnya luar biasa banyak menginspirasi, membuat produk UMKM lebih berkembang dengan melebarkan pemasaran.

Comments

comments

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *