Cara-cara Sederhana untuk Meningkatkan Manajemen Inventori

Buatlah perencanaan dan proyeksi yang baik

Membuat perencanaan adalah hal penting yang perlu diperhatikan. Dengan perhitungan yang matang, kita bisa memproyeksikan berapa barang yang akan dibutuhkan. Jangan sampai persediaan yang kurang atau lebih merugikan bisnis yang sedang dikerjakan.

Menjaga kondisi barang dalam posisi optimal

Pastikan kondisi barang dalam keadaan cukup dan safety stock. Dengan kata lain, secara umum, stok dalam jumlah aman dibutuhkan sebagai persediaan jika pembelian atau pengadaan membutuhkan waktu yang lebih lama.

Bedakan barang berdasarkan status dan jenis

Agar barang tidak saling bercampur antara satu dengan yang lain, penting bagi kita untuk meletakkannya berdasarkan status dan jenis barang tersebut. Hal ini agar memudahkan dalam mencari barang-barang yang dibutuhkan sewaktu-waktu. Jadi, kita tidak perlu bingung lagi dalam mencarinya.

Lakukan audit barang secara berkala

Dalam bisnis kita bisa melakukan audit barang dengan melihat kondisi barang. Mana yang harus segera dikeluarkan, mana yang tahan lama, dan barang mana yang dalam kondisi rusak. Lewat cara ini, kita akan mengetahui kondisi barang di gudang, jika terdapat masalah dapat segera teratasi.

Sumber: sleekr-co.cdn

Comments

comments

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *