fastwork.id

Cara Efektif Menentukan Target Pasar Untuk Bisnis UKM

Permasalahan yang sering dihadapi ukm/umkm di indonesia adalah tidak dapat menentukan target pasar dengan benar. Penentuan target pasar juga sangat penting untuk memulai bisnis karena target pasar sendiri merupakan sebuah kegiatan untuk mengelompokkan masyarakat berdasarkan segmentasi. Penentuan target pasar ini bertujuan untuk mengarahkan kegiatan pemasaran ke kelompok konsumen tertentu agar pemasaran sesuai dengan karakter mereka.

Tentukan Konsumen/ Target Pasar

Dalam menentukan target pasar dapat ditentukan segmentasi berdasarkan segi geografi, demografi, dan psikologi.

Menentukan Target Pasar Dengan Mengetahui Kebutuhan Target Pasar

Setelah menentukan siapa konsumen kita, selanjutnya adalah mencari informasi kebutuhan konsumen yang yang kita targetkan. Cobalah untuk mengikuti bazar untuk melakukan tes produk dan sebagai salah satu media untuk memperkenalkan produk. Dengan begitu, kita dapat mengetahui kebutuhan pasar atas produk yang telah tawarkan.

Menentukan Target Pasar Dengan Evaluasi Target Pasar

Untuk mengetahui ketertarikan konsumen, maka umkm/ukm perlu melakukan evaluasi target pasar. Jangan sampai, ketika kita telah memulai bisnis tetapi penentuan target pasar salah.

Tentukan Strategi Pemasaran

Setelah mengevaluasi target pasar, tentukan strategi yang tepat dalam hal pemasaran produk, karena setiap target pasar mempunyai gaya yang berbeda-beda dalam penentuan strategi pemasarannya.

Evaluasi Respon Pasar

Cara terakhir adalah mengevaluasi respon pasar, apakah strategi yang diterapkan berjalan efektif atau tidak. Jika tidak efektif, kita bisa mengubah strategi pemasaran produk yang selama ini kita jalankan. Evaluasi respon pasar bertujuan untuk mempertahankan dan meningkatkan penjualan produk yang kita tawarkan.

Sumber: www.jurnal.id

Comments

comments

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *