Hambatan dan Tantangan Menjalankan Bisnis Online

Hambatan

  • Bisnis tidak tepat sasaran. Minimnya pembelian bisa jadi dikarenakan strategi yang Anda buat tidak tepat. Oleh karena itu, mulailah untuk melakukan riset. Misalnya dengan meminta subscribers mengisi kolom minat mereka. Setelah itu, mulailah untuk mengirimkan newsletter berisi produk seperti minat masing-masing pelanggan. Iklan yang Anda lakukan juga harus serba tepat. Iklan harus dipasang pada media yang tepat, menunjukkan pada target audience yang tepat dan dengan timing yang tepat pula.
  • Loyalitas customer yang kurang. Trik yang bisa dilakukan untuk menambah loyalitas customer adalah dengan loyalti program, seperti memberikan rewards kepada pelanggan setia Anda. Selain itu dengan melayani customer ketika ada komplain. Penanganan yang handal akan membut customer merasa senang meskipun ada komplain. Jadi customer puntidak mudah pindah ke produk lain.
  • Dalam menjalankan bisnis online, Anda pasti akan menemukan banyak online shop lain yang menjual produk serupa seperti yang Anda jual. Walaupun Anda menjual produk yang serupa, namun Anda harus mencari cara yang berbeda untuk menarik pelanggan. Mulai dari memberikan harga yang lebih murah, sampai mengadakan promo, dan lain sebagainya. Bisa juga bundle atau dengan memberikan hadiah untuk pembeli Anda.

Tantangan

  • Tantangan yang paling utama adalah memastikan website Anda dapat ditemukan oleh target market atau target pasar Anda. Ada beberapa trik yang dapat dilakukan untuk mengenalkan store dan produk Anda pada khalayak ramai.
  • Selanjutnya, setelah ada visitor yang mengunjungi website, Anda harus mampu meyakinkan mereka untuk membeli produk, dan bukan sekadar melihat-lihat saja. Yang dapat dijadikan tolak ukur adalah conversion rate. Conversion rate akan mengukur berapa banyak visitor melakukan action tertentu dibandingkan dengan total visitor. Jika conversion rate online shop Anda rendah, maka sebaiknya Anda mulai melakukan revisi.
  • Ada beberapa pertanyaan dasar tentang berbelanja di online shop. Misalnya, apakah barang benar-benar akan dikirim setelah mereka membayar? Apakah barang yang akan diterima, sama dengan yang telah dipesan? Apakah barang akan diterima dalam keadaan yang baik? Ada beberapa trik untuk mengatasi permasalahan tersebut. Yaitu, dengan mendapatkan sertifikasi untuk membuktikan bahwa situs Anda aman dan terpercaya. Atau Anda juga dapat menyediakan kolom produk review atau testimoni dari pelanggan.

Sumber:Jurnal.id

Comments

comments

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *