Hari Kartini: Perempuan Hebat, Perempuan Tangguh, Perempuan Sukses

Hari Kartini adalah peringatan untuk mengenang jasa RA Kartini yang memperjuangkan emansipasi wanita. Hari Kartini diperingati setiap tanggal 21 April.

Hari Kartini bukan sekadar momen perayaan saja karena ini juga memiliki makna penting bagi wanita Indonesia. Hari Kartini menegaskan bahwa perempuan berhak mendapat kesetaraan dalam berbagai bidang, khususnya pendidikan. Perempuan tidak harus berdiam diri di rumah dan berurusan di dapur. Namun, perempuan juga bisa memperoleh pendidikan, bekerja, dan mengejar cita-cita setinggi langit.

Dahulu, saat RA Kartini menginjak usia 12 tahun harus berhenti dari sekolah. Dan menunggu dipingit di rumah karena merupakan tradisi pada masa tersebut. Selama masa pingitan, RA Kartini bertukar surat dengan teman korespondensinya di Belanda. Melalui temannya, beliau mulai membaca buku dan majalah Eropa. Bacaan tersebut menyulut semangatnya untuk melepaskan wanita pribumi dari penindasan.

Surat tersebut kemudian dikumpulkan menjadi sebuah buku berjudul “Habis Gelap Terbitlah Terang”. Pada akhirnya pemikiran RA Kartini berhasil mewujudkan emansipasi wanita di Indonesia. Gagasan beliau juga menginspirasi tokoh nasional dan mengubah pandangan masyarakat Belanda terhadap wanita pribumi.

Untuk itu, kita harus menjadi Kartini selanjutnya yang tangguh, hebat, dan sukses.

Sumber:m.kumparan.com

Comments

comments

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *