Integrated Marketing Communication

Di dunia bisnis, apalagi di zaman digital, banyak sekali produk dan jasa yang ditawarkan. Pelanggan bisa merasa kewalahan dengan banyaknya iklan yang ditemui. Baik itu iklan online maupun offline. IMC adalah pendekatan untuk memastikan komunikasi brand yang selaras untuk konsumen di seluruh marketing. IMC berusaha memaksimalkan proses komunikasi dengan pesan yang positif demi melancarkan hubungan antar brand dan pelanggan. Salah satu manfaat utama integrated marketing communication adalah perusahaan bisa efektif meningkatkan brand awareness. Tentunya dengan memanfaatkan beragam channel.

Pesan yang kuat, konsisten, dan jelas menjadi kunci penting dalam marketing. Ketika kamu melihat iklan yang tidak jelas dan sulit dipahami, maka hilanglah kesempatan untuk mendapatkan pelanggan. Selain efektif atau menghemat waktu, integrated marketing communication juga dapat menghemat biaya. Dengan memiliki pesan yang konsisten dan jelas, maka perusahaan akan lebih menghemat sumber daya. Integrated marketing communication pun memastikan semua pihak bekerja sama secara terpadu dan sejalan untuk menciptakan strategi komunikasi yang efektif. 

Manfaat Integrated Marketing Communication

  1. Integrated Marketing Communication ditujukan untuk menyampaikan pesan yang kuat, konsisten, dan jelas. Hal ini bisa dilakukan dengan melakukan koordinasi semua pesan, citra, dan identitas perusahaan melalui komunikasi pemasaran. Sehingga calon konsumen dapat benar-benar menerima dan memahami pesan yang ingin kamu sampaikan. 
  2. Integrated Marketing Communication berguna untuk meningkatkan brand awareness. Bukan hanya pesan yang akan selalu sama, tapi juga unsur-unsur merek yang juga ikut serta terbentuk dengan lebih mudah. Dengan begitu, secara tidak langsung perusahaan akan menunjukkan keunggulan kompetitif. 
  3. Integrated Marketing Communication untuk menciptakan pengalaman pelanggan. Pelanggan dapat menerima pesan sesuai dengan apa yang disampaikan oleh bisnis. Sehingga akan membangun hubungan yang lebih erat antara perusahaan dengan para konsumennya. 
  4. Integrated Marketing Communication juga menghemat budget dalam melakukan promosi. Tentu saja, hal itu dapat dilakukan jika pesan yang disampaikan konsisten dan jelas, sehingga perusahaan tidak perlu melakukan banyak campaign.

Sumber:Glints.com

Comments

comments

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *