Jamu Herbal ZENVIN asal Berau Kalimantan Timur

ZENVIN  merupakan produk Minuman Segar Herbal yang terbuat dari rempah rempah dan diperkaya dengan madu hutan, dimana seluruh bahannya berasal dari kampung Lokal Kabupaten Berau. Nama ZENVIN diambil dari singkatan kedua Putra Ibu Rusmiati ( Pemilik Usaha ) yakni ALZEN & ALVIN.

ZENVIN berdiri tanggal 17 Juli 2017, berawal dari pengalaman pribadi menderita kebocoran pada ginjal dengan biaya obat yang mahal akhirnya beralih ke herbal dan sembuh berkat rutin mengkonsumsi  racikan rempah herbal setiap hari.

Kabupaten Berau sendiri kaya akan rempah, namun potensi ini masih belum dikembangkan. Beranjak dari pengalaman dan potensi rempah di Kabupaten Berau. ZENVIN berinisiasi hadir dengan minuman rempah dan campuran  madu hutan dalam kemasan siap minum.

ZENVIN hadir dalam inovasi rasa yang mampu disukai oleh semua kalangan. Kapasitas produksi ZENVIN untuk saat ini mampu menghasilkan kurang lebih 750 botol minuman rempah segar setiap bulannya.  Keunggulan ZENVIN sendiri yaitu dengan berbagai campuran bahan baku rempah local yang memiliki kualitas sangat baik.

Motivasi Ibu Rusmiati menjalankan bisnis ini adalah bangga memiliki brand sendiri, bangga bisa membuat produk yang dibutuhkan banyak orang, tidak diatur atur, bisa jalan kemana mana, besar kecilnya usaha sendiri dipanggil Bos, serta dapat membantu membuka lapangan pekerjaan.  

“Dalam berbisnis juga harus memahami pasar saat ini, bagaimana agar produk kita terus dibutuhkan oleh masyarakat, menentukan segmen pasar dengan melakukan survei, terus mengikuti pelatihan bisnis untuk dapat belajar strategi bisnis,  dan bisa mempertahankan karyawan dengan saling memahami dan bekerjasama sesuai SOP yang sudah di buat.” tutur Ibu Rusmiati

Sumber: Rusmiati

Untuk prospek kedepannya minuman herbal ini sangat bagus kerena masyarakat sudah mulai paham untuk menjaga hidup sehat dengan lebih bnyak mengkonsusi minuman herbal. Tak heran jika omzet bisnis ZENVIN saat ini kisaran 15 juta/bulan.

Cara memasarkan produk tersebut dengan terus berinovasi, update medsos bisnis, sering mengikuti kegiatan dan pameran dan menguatkan Legalitas untuk memperluas Chanel Distribusi.

Namun disetiap kita menjalankan usaha tentu ada kendala yang harus kita hadapi, dan kendala yang dialami Ibu Rusmiati yaitu menganai Ijin Edar, modal usaha, pemasaran, kemasan dan harga ongkos pengiriman, merekrut karyawan lokal.

Terkait produk, bagaimana caranya menghadapi customer jika ada yang complain? Selama ini jika ada custumer yang complain biasanya via Wa langsung, kemudian kami respon ditanyakan kenapa masalah nya, rata-rata ada yang complain karena warna nya berubah rubah, langsung kami jelaskan bahwa produk nya tidak menggunakan pewarna buatan, jadi pake pewarna alami dari rempah.

Beberapa alasan Customer harus mengkonsumsi ZENVIN, diantaranya;

  • Aman di konsumsi kerena sudah memenuhi Syarat Uji Lab BPOM dan Lab terakreditasi KAN
  • Banyak Variannya sesuai kebutuhan
  • Diolah sesuai keamanan pangan dan dari banhan baku rempah lokal
  • Memiliki sertifikat Halal
  • Minuman Herbal tidak Pahit,
  • Harga yang terjangkau
  • Kemasan praktis mudah dibawa kemana mana
Sumber: Rusmiati

Awal mula mengenal WPC Dari sahabat di Tarakan yang sudah mengikuti WPC terlebih dahulu. Awalnya senang bisa bergabung di WPC, namun pada saat ikutan kelas sudah mulai terasa pusing karena banyak tugas dan PR, sempat kepikiran mau tidak dilanjutkan karena  baperan, namun karena banyaknya teman-teman yang mensuport dan ada kaka LO yang memberikan semangat akhirnya bertahan.

Dan ternyata benar, bisa bertahan telah membentuk mental kita yang kuat, apalagi dalam menghadapi bisnis sesungguhnya.

Apakah ada manfaat dan dampaknya pada bisnis selama mengikuti IWPC dan menjadi member Womanpreneur Community? Sangat bermanfaat dan berdampak.

Karena mendapatkan pondasi bagaimana berbisnis dengan baik terutama tentang budgeting, dan strategi bisnis, yang terpenting WPC terus mendampingi tak ada hentinya dan membantu memperluas jaringan baik tingkat nasional maupun internasional. Terus menciptakan produk yang unik.

WPC merupakan organisasi perempuan yang paling keren karena jaringannya orang-oranghebat dan orang-orang penting sehingga produk kita bisa masuk kelas premium.

Prestasi/ pencapaian terbaik;
Juara kategori Networking terbaik 2016
Juara 1 Tingkat Provinsi kaltim Lomba Produk Olahan Pangan 2019 Dinas Pangan Prov
Finalis Apresiasi Kreasi Indonesia 2021 Dari Kemenparekraf

Sumber: Rusmiati S.Kom

Fb : Zenvin Jamu Herbal

IG : jamu_herbal_zenvin

Comments

comments

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *