jungleworks.com

Kenali Kelebihan & Kekurangan Online Marketplace

*Kelebihan Online Marketplace*

Peluang Lebih Besar Melalui Komunitas

Online Marketpace dapat dikatakan sebagai wadahnya para banyak penjual. melalui platform ini kita dapat menciptakan peluang lebih besar dengan membangun relasi atau hubungan dengan penjual lain melalui komunitas. Kita juga bisa sharing berbagai ilmu, peluang, atau bahkan bekerja sama.

Tidak Perlu Takut Kehilangan Konsumen

Melalui online platform kita tidak perlu takut kehilangan konsumen. Tiap harinya platform penjualan online dikunjungi oleh jutaan orang. Hal ini menunjukkan bahwa aktivitas jual beli online terutama di Indonesia sangat besar. Dan biasanya, konsumen mengunjungi online marketplace memang memiliki motivasi untuk membeli barang tertentu.

Tidak Perlu Modal Besar

Tidak seperti offline marketplace, platform online tidak memerlukan sewa tempat. Beberapa online marketplace yang biasanya menerapkan biaya “sewa” namun tidak sebesar biaya sewa tempat seperti ruko atau lapangan. Namun online marketplace yang gratis seperti grup Facebook, forum jual beli online, kita tidak memerlukan biaya sama sekali.

Dapat Memantau Perkembangan Bisnis

Fitur insight dapat memantau seberapa orang yang mengunjung toko kita, jumlah orang merespon, jumlah orang yang mekakukan komunikasi dan jumlah orang yang membeli produk. Ketika kita dapat memantau perkembangan bisnis, maka kita dapat mengevaluasi produk, strategi pemasaran, atau bahkan mengetahui efektifitas dan kinerja pengelola online marketplace.

*Kekurangan Online Marketplace*

Sulit Mendapatkan Trust

Salah satu kekurangan online markerplace adalah sulit mendapatkan trust. Penjualan online sejak dulu dikenal dengan scamming, penipuan, dan juga barang-barang ilegal.

Persaingan Antar Pedagang Tinggi

Karena online platform memiliki banyak pelanggan dan punya kecenderungan menjual produk yang sama, menjadikan persaingan antar para pedagang di online marketplace sangat tinggi. Kita harus beradu strategi dalam mendapatkan konsumen.

Bergantung pada Pengelola Online Marketplace

Keberlangsungan bisnis sangat tergantung dengan pengelola online marketplace. Jika pengelola memiliki reputasi buruk, kurang melakukan promosi, dan juga tidak memiliki regulasi yang baik, maka itu semua akan mempengaruhi perkembangan bisnis kita. Semua bergantung pada pengelola dan pemilik marketplace.

Sumber: www.jurnal.id

Comments

comments

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *