Kiat Mengelola Bisnis Bagi Ibu Rumah Tangga

MENGELOLA BISNIS BAGI IBU RUMAH TANGGA — Menjadi ibu rumah tangga bukan berarti tidak bisa produktif dan mendapatkan penghasilan. Kesibukan mengurus anak dan berbagai kegiatan rumah tangga terkadang menjadi alasan untuk menjalankan aktivitas lain. Namun sebenarnya bisa memiliki bisnis sambil tetap menjalankan aktivitas sebagai ibu rumah tangga. Kuncinya anda harus bisa memanage bisnis dengan baik dan tentunya bisnis yang dijalankan harus pas dengan status sebagai ibu rumah tangga.

Ada banyak peluang bisnis yang bisa dijalani oleh ibu rumah tangga yang tidak berbenturan dengan pekerjaan di rumah. Semua bisnis bisa dijalankan di rumah, sambil mengurus anak, mengurus pekerjaan rumah dan lain-lain. Bidang pekerjaan itu antara lain Bisnis Online, Bisnia Makanan, Bisnis Tiket pesawat dan lain-lain.

Apapun bidang bisnis yang dijalankan oleh ibu rumah tangga, ada beberapa hal yang penting diperhatikan dalam menjalankan bisnis bagi ibu rumah tangga. Beberapa hal tersebut adalah:

1. Mulailah  dari hal sederhana

Bisnis bisa dimulai dari kebutuhan sederhana, seperti misalnya yang telah dijalankan ole sahabat sahabat WPC , ada yang merintis salon muslimah, memuat asesoris, pernak pernik rumah . Mereka memulai dari apa yang mereka senangi. Karena segala sesuatu yang kita jalankan dengan penuh kesenangan tentunya hasilnya pun menjadi baik

 

2. Mulai Bisnis dari kebutuhan penting atau mendesak

Salah satu contohnya adalah Christien Ismuranty yang mendirikan usaha makanan sehat “Kainara”. Kainara tumbuh dari kebutuhan menyediakan makanan sehat dan enak sesuai kebutuhan diet khusus dan rotasi makanan anaknya, Kay Saidpurnama Ismunara. Awalnya Christien memproduksi sendiri makanan untuk diet anaknya.

Ternyata, setelah menjalani diet khusus tersebut, selama dua bulan, Kay bisa tidur lebih tenang dan teratur dan Hiperaktif mulai berkurang. Terapis dan teman sesama orang tua anak penyandang autisme mendorong Christien untuk mengembangkannya menjadi usaha sehingga dapat menjangkau lebih banyak orangtua yang juga membutuhkan. Lahirlah bisnis makanan sehat “Kianara” yang kini telah memiliki 40 varian produk.

3. Tawarkan Pada Bisnis Sesuatu yang unik

Pada awalnya, karena melihat banyak orang menyukai burger, Nilamsari mencoba membuka outlet burger, namun tidak berjalan lancar. Enam outlet yang sudah berdiri, harus terkikis oleh persaingan bisnis burger dari kompetitor. Lalu Nilam dan suami terinspirasi dengan Kebab saat berjalan-jalan ke negara Turki. Akhir tahun 2003, Nilam dan suami mencoba membuat Kebab Turki dengan rasa khas lidah Indonesia untuk mempopulerkannya.

“Awalnya susah mengedukasi pembeli. Ada yang menyangka ini burger, hotdog, bahkan ada yang menyangka martabak. Tapi lama kelamaan, dengan sabar menjelaskan, kebab turki ini kini digemari dan bahkan banyak yang meniru,” ungkap Nilam.

Konsep unik Kebab Turki yang ditawarkan Nilam dalam brand Kebab Turki Baba Rafi itu, akhirnya memang berhasil membuat lidah Indonesia ketagihan.

Dalam menjalankan bisnis bagi ibu rumah tangga, jalankan semua itu dengan penuh kesungguhan. kesungguhan dan keseriusan tidak bisa diabaikan.

Comments

comments

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *